Review: Usir Bruntusan Dengan Vitacid 0.025%

Cara menghilangkan bruntusan. Cara cepat hapus bekas jerawat dan calon jerawat.


Halo! Di akhir tahun 2014 ini saya mau bercerita mengenai kondisi wajah saya setelah selama sembilan bulan (and still on-going) menjalani perawatan intensif #ceilee menggunakan krim vitacid (tretinoin - retinoic acid). Ya, memang wajah saya cenderung mudah berjerawat, berpori besar, berminyak, dan pokoknya ngga keren sama sekali. Singkat cerita, saya sampai pada titik ingin mencoba krim vitacid ini. Sekedar informasi, saya sudah tiga tahun berhenti mengunjungi dokter kulit karena tidak ingin mengalami ketergantungan terhadap obat racikan mereka (yang mungkin mengandung steroid, means, jerawat hanya dipendam di bawah kulit, bukannya dikeluarkan, sehingga kalau kita tidak pakai obat dokter lagi, jerawat alhasil akan muncul lagi), namun bruntusan di jidat ini tidak kunjung berakhir...

PENGENALAN SINGKAT.
Saya banyak membaca artikel yang membahas penggunaan tretinoin, intinya, retinoic acid yang merupakan turunan dari vitamin A ini diklaim mampu mengusir jerawat secara efektif, mempercepat regenerasi kulit, dan menghilangkan noda jerawat, namun belum maksimal menutup pori, bopeng. Yang harus diperhatikan adalah: hanya boleh dioleskan di wajah/bagian yang berjerawat saat malam hari, karena kandungannya yang sensitif terhadap matahari.

Sehingga: Ketika akan membeli vitacid, kalian juga harus membeli sunblock yang cukup tinggi kandungan SPFnya (saat itu saya menggunakan Wardah Sun Block). Juga, perhatikan sabun wajahnya, pastikan tidak menggunakan sabun yang menggunakan pemutih.


MEMULAI DARI PERSENTASE TERKECIL
Di luar negeri, merk tretinoin yang terkenal adalah Retin-A, tapi sepertinya di Indonesia, khususnya di Bandung tempat saya yang paling banyak dijual adalah merek Vitacid. Terdiri dari tiga varian berdasarkan persentasenya; 0.025%, 0.05%, dan 0.01%. Dari hasil baca-baca, banyak yang bilang mulailah dari persentase yang terkecil dan dioleskan tiga hari sekali dulu agar kulit bisa beradaptasi.

Harganya ~Rp 24.000,- cukup terjangkau, bisa dibeli di apotek pada umumnya, tapi saya sempat waswas ketika akan memulainya. Karena saya orangnya nekat, saya langsung mengoleskan krim ini ke seluruh wajah, lha bruntusannya di seluruh wajah. Ada sih yang bilang, boleh dicoba dulu di leher, tapi saya sudah tidak sabaran.

PERHATIKAN: Krim retinoic acid ini lebih efektif bekerja dalam gelap, jadi mau tidak mau gunakanlah sesaat sebelum tidur dan matikan lampu saat tidur. Waktu tidur juga jangan terlalu larut di atas 11 malam, karena sejatinya regenerasi kulit kita bekerja optimal di waktu Pk 23.00-04.00 , nah, di sinilah retinoic acid mempercepat kinerja proses tersebut, so jangan begadang!

Bagaimana dengan lampu tidur? Atau sinar lampu? Dari hasil penelitian, walaupun tidak terlalu signifikan namun adanya cahaya (baik lampu ataupun gadget) bisa mengurangi daya kerja krim ini, jadi, setelah pakai krim ini jangan mainan hp lagi!


KEJUTAN DARI TRETINOIN
Tidak ada yang spesial dari wujud krim ini, putih, solid, namun cukup mudah diaplikasikan, baunya tidak menyengat tapi juga bukan bau parfum, lebih ke bau ramuan obat, but seriously no problem. Setelah bangun pagi, cepat-cepat bersihkan wajah dan pakai sunblock untuk melindungi wajah. Tapi karena kadang saya bangunnya siang, saya hanya menghindari wajah dari matahari langsung ketika bangun.

Banyak reviewer yang bilang mereka mengalami break-out habis-habisan setelah 2-3 hari menggunakan krim ini, tapi saya pastikan SAYA TIDAK MENGALAMINYA, bahkan setelah dua minggu  berjalan, muka saya tidak dipenuhi banyak  jerawat yang menggila sebesar kacang di seluruh wajah. Pada seminggu pertama, memang setelah mengoleskannya, wajah saya terasa cekot-cekot, perih namun tidak panas, hanya gatal di beberapa bagian yang ada jerawatnya. Saya hanya mengalami jerawat yang besar dan merah, namun itupun sehari satu (meuni dijadwal biar gantian), jadi tidak ada tuh yang namanya jerawat rombongan, dan setelah 3-4 hari diolesi krim vitacid, merekapun mengering dan bekasnya sudah hilang. Pokoknya nurut deh.

Jadi, faktanya: krim tretinoin ini memang bertugas mengeluarkan calon cikal bakal jerawat yang ada di bawah kulit kita, kalau nyatanya memang benih jerawat tertanam banyak di kulit kita, bisa jadi segerombolan penjahat itu muncul, tapi nyatanya di saya ngga keluar secara massal, jadi ya Puji Tuhan deh...


NO MAKEUP, PLEASE
Selain menggunakan perawatan kulit yang tidak mengandung pemutih, saya juga berhenti sejenak dengan yang namanya makeup sejenis foundation, concealer, dan kroni-kroninya. Sehari-hari saya hanya menggunakan sunblock (kadang ditambah pelembab) lalu bedak. That's all. Kalau ada acarapun, hanya sesekali saja dan itupun tipis-tipis sekali. Untuk krim malam, saya benar-benar berfokus pada tretinoin, karena katanya kalau mau menggunakan krim malam, harus mengambil jeda sekitar 30 menit setelah pengolesan tretinoin, sedangkan saya maunya tidur aja kalau sudah pakai vitacid, jadilah semenjak itu saya tidak pakai lagi krim malam.

Wajah yang kering bersisik, merah-merah. Hm.... Saya memang mengalaminya tapi tidak ekstrim, mungkin karena kandungan 0.025% yang memang tergolong rendah ya. Yang pasti sih, setelah 3-4 bulan saya menggunakan vitacid 0.025% ini bruntusan di dahi saya sudah hilang-lang-lang, hanya tinggal bekas dan warna kulit wajah saja yang belum merata, dan bonusnya di daerah dahi dan pipi mulai agak cerah mengkilat kayak wajah abis di amplas, hahaha.. Well, I kinda like that.

Saran: banyak minum air putih ya agar kulit tetap lembab dan tidak dehidrasi.

Yang pasti sih, tidak perlu paranoid kalau mau mencoba pakai vitacid, kalau mau cantik rasanya harus siap dengan resikonya, hahaha... Lucunya sih, sebelum saya pakai krim ini saya sudah wanti-wanti pacar saya:

"Hun, kalo besok dan beberapa minggu ke depan wajahku tiba-tiba lebih jerawatan dari sekarang kamu jangan marah ataupun ngelarang aku berhenti lho ya..." Semacam itu deh, dan untungnya dia suportif juga dengan pilihan saya.

So, ada yang mau coba?
Cerita berikutnya adalah mencoba tretinoin dengan dosis yang lebih tinggi ^^ Ciao!

COMMENTS

BLOGGER: 152
Loading...
Name

#30HariBlogChallenge,4,3W Clinic,1,Airport,1,Anion Blue,1,Application,3,Asia,11,Asian Cuisine,1,Asian Food,1,Bali,2,Bandung,43,Bangkok,3,Banten,1,Barbecue,1,Batu,2,BB Cream,12,BCA,1,Beach,8,Bear Brand,1,Beauty,99,Beauty Clinic,5,Beauty School,2,Belajar Piano,2,Beverages,2,Bintan Island,1,Bio Oil,1,Biokos,5,Blogging,1,Blue Bird,1,Body Bath,1,Body Butter,1,Body Lotion,2,Body Scent,1,Body Souffle,1,Body Spray,1,Book,1,Botulike,2,BRTC,1,Budaya Sensor Mandiri,1,Campaign,2,Camping,1,Caring,1,Catering,1,Cetaphil,2,Cianjur,1,Cibubur,2,Cirata,1,Citra Night Whitening,1,Citumang,1,Cleanser,3,Cleansing Tissue,1,Clothing,31,Coffee,7,Coffee Shop,4,Community,1,Compact Powder,1,Condiment,2,Contest,21,Cooking,7,Culinary,39,Dam,1,Datangya,1,Dating,2,Day Skin Care,8,DD Cream,1,DF Clinic Bandung,5,Dissy,1,DIY,1,Dodora,1,Dr Eric,1,E-Commerce,6,Eau Thermale Avene,1,Education,4,Eity Eight,1,Ellips,1,Entertainment,1,ESPA,1,Essence,1,Eternaleaf,1,Etude,2,Event,30,Evete Naturals,3,Eye Primer,1,EyeCare,2,Eyeshadow,1,Face Mask,4,Facial Foam,1,Fashion,36,Fashion Inspired,1,Financial,1,Firmoo,1,Flashcard,1,Food,48,Foundation,3,Gadget,9,Game Review,1,Garden,2,Geopark Ciletuh,5,Gizi Super Cream,1,Hada Labo,1,Hair Care,2,Hair Serum,3,Hair Treatment,7,Hairstyle,4,Hand & Body Lotion,5,Happy Birthday,1,Happy New Year,4,Happy Passover,1,Hare Lipstick,1,Healthy Tips,2,Heavenly Blush,1,Herbs,1,Hotel,6,Hydrogloss,1,IBB MUC,2,IFB Project,2,IndiHome,1,Indonesia,53,Indonesian Food,16,Indosat,1,Internet,6,Italian Food,2,ITB,1,Jakarta,1,Japan,1,Japanese Food,1,Juice,1,K.Brothers,1,Karawang,1,Kippabuw,1,Kitchen,1,Kojie San,1,Korean Food,2,L'Occitane,2,Lady R,1,Lembang,4,Lip Balm,2,Lip Care,7,Lipstick,7,Liquid Foundation,2,Liquid Lip,1,Loose Powder,3,LUCIDarling,1,Lucido-L,1,Magic Cushion,1,Make up,34,Make Up Challenge,2,Malang,4,Marina Natural,1,Marina UV White Extra SPF 15,1,Maybelline Baby Lips,1,Mentholatum Beauty Mask,1,Milk,1,Missha,5,Moisturizer,5,Mountain,1,Movie Review,1,Museum,2,Music Review,1,Mustika Ratu,1,Nail Polish,1,Nationalism,2,Natur,2,Natural Honey,2,Nestle,1,Night Skin Care,8,Notebook,1,Oppo,1,Oriental Food,1,Pangandaran,1,Park,1,Pattaya,2,Perfume,6,Petite Fashion,1,Photography,2,Pilgrimage,1,Pink Up,2,Pixy,2,Ponds,1,Puncak,1,Puspita Martha,4,Rafting,1,Recipe,11,RedKank,1,Redwin Sensitive,1,Relationhip,1,Relationship,3,Resorts World Sentosa,3,Riau,1,Rice Soap,1,Rivera,1,Rohto,3,Rudy Hadisuwarno,1,Rumah Cantik Citra,1,Sariayu Martha Tilaar,1,Selina,1,Semarang,1,Seminar,1,Seputar Musik,2,Serum,2,Sheet Mask,1,Sherlock,1,SHINee,1,Shoes,1,Shopping,3,Silky Girl,2,Simply Stay,1,Singapore,4,Skin Care,42,Skin Treatment,6,Skin79,1,Smartphone,4,Snack,3,Soap,2,Softlens,1,Stereo,5,STUDIOMAKEUP,1,Sukabumi,5,Sumatra,1,Sunscreen,4,Surabaya,1,Telkom,3,Thailand,8,Thailand Food,2,The Author's Talk,11,The Body Shop,1,The Face Shop,1,The Skin Food,3,The Titans,1,Tips and Tricks,20,Tom Yum,1,Tony Moly,2,Trans Studio Bandung,1,Travel,61,TV Series Review,8,Ungaran,1,Velaterapia,1,Vitalis,2,Viva Cosmetics,1,Wardah,6,Waterfall,5,Waxhaus,1,Wedding,1,Western Food,11,XL,5,Yoghurt,2,Yogyakarta,4,Zoo,3,
ltr
item
NONIQ | A Review Blog: Review: Usir Bruntusan Dengan Vitacid 0.025%
Review: Usir Bruntusan Dengan Vitacid 0.025%
Cara menghilangkan bruntusan. Cara cepat hapus bekas jerawat dan calon jerawat.
http://3.bp.blogspot.com/-rjKavXV609E/VJ4hHPxtc3I/AAAAAAAADck/5ctVx8_7sys/s1600/noniq_vitacid_tretinoin_025_01.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-rjKavXV609E/VJ4hHPxtc3I/AAAAAAAADck/5ctVx8_7sys/s72-c/noniq_vitacid_tretinoin_025_01.jpg
NONIQ | A Review Blog
http://www.noniq.co/2014/12/review-usir-bruntusan-dengan-vitacid.html
http://www.noniq.co/
http://www.noniq.co/
http://www.noniq.co/2014/12/review-usir-bruntusan-dengan-vitacid.html
true
3462127263783781576
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy