Kenali Jenis Spons Cuci Piring Agar Peralatan Masak Awet

by - Monday, March 07, 2016


Apa sih kegiatan bersih-bersih rumah yang teman-temin paling suka lakukan? Kalau saya sih 'mencuci piring'. Namun ada satu pengalaman masa kecil yang selalu saya ingat saat pertama kali mencuci piring yaitu ketika diomeli Ibu gegara ngasal menggunakan jenis dan sisi spons pencuci piring. Sepele tapi berabe!

Berhubung saat itu saya belum mengerti material peralatan dapur jadi saya tidak mengerti bagaimana perawatannya. Termasuk apa gunanya dua sisi pada spons; yang kasar dan lembut. Wah, saya masih belum ngeh. Pokoknya bablasin semua yang penting cucian piring selesai dan bersih. 

Standar saya sih pokoknya ngga ada minyak yang nempel, tapi siapa sangka, cara penggunaan spons juga harus diperhatikan agar penggunaan spons kita juga optimal alias hemat ngga bolak-balik ganti.

Jadi, ternyata cara penggunaan dua sisi spons itu adalah...

1. Sisi kasar. Merupakan yang cukup abrasif untuk menggosok bekas terbakar yang menempel pada peralatan dapur (panci) tanpa kita harus menggaruk dengan penuh tenaga.
2. Sisi lembut. Untuk membersihkan tuntas bekas lemak dan minyak yang menempel pada peralatan makan.

Fungsi lainnya adalah ketika kita akan memberi sabun pada spons. Langkahnya adalah:
1. Basahi spons dengan air.
2. Berikan sabun dari sisi lembut, lalu remas-remas hingga keluar busanya.
3. Bersihkan peralatan masak, dengan sisi yang kasar.

TIPS MERAWAT SPONS CUCI PIRING

Tentunya buat teman-teman yang mungkin masih serabutan menggunakan spons cuci piring seperti saya dulu, ini ada beberapa tips (dari ibu saya dan dari tips dapur Britequeen), hihihi.

1. TIDAK DIGUNAKAN LANGSUNG MEMBERSIHKAN SISA MAKANAN.
Karena sisa makanan bisa terserap masuk ke dalam spons dan kalau tidak benar dibersihkan mengakibatkan tumbuhnya jamur dan bakteri. Hii. Baiknya, kita buang dulu sisa makanan, kuah, ataupun minuman baru direndam/dibilas dengan air setelah itu dibersihkan dengan spons.

2. TIDAK UNTUK MEMBERSIHKAN KOMPOR ataupun PANTRY (STAINLESS)
Saya duluuuu banget melakukannya. Sama seperti tips nomor 1, kalau masih ada sisa makanan ataupun percikan minyak yang menempel di kompor, baiknya menggunakan kain lap saja daripada spons. Dan jangan lupa kain lapnya juga harus sering dicuci, donk.

3. CUCI DAN SIMPAN DI TEMPAT YANG KERING
Jangan direndam terus-terusan di air sabun, ya. Nanti malah cepat jamuran, terbayangkan kalau spons jamuran kita gunakan untuk mencuci piring makan kita? Cucinya juga dipisahkan ya, jangan bercampur dengan spons ataupun kain lap lainnya.

Well, kalau saya sekeluarga mengggunakan spons cuci piring dari Scotch-Brite™, pernah dengar? Iya, memang produk ini cukup mahal dibandingkan merk lain. Tapi bukannya sok jaga gengsi lho, tapi kami sempat membeli produk spons yang lain (dan lebih murah) ternyata kinerjanya tidak maksimaltidak menyerap air dan busa dengan baik, serabutnya mudah rontok dan menipis, bentuknya mudah rusak, kedua sisinya tidak menempel dengan baik sehingga baru dipakai beberapa kali sudah mengelupas, dll.

So, balik lagi deh kita menggunakan Scotch-Brite™, yang ternyata kalau dihitung memang jatuhnya sama sih, 3 kali membeli produk spons murah, ternyata daya tahannya sama dengan menggunakan 1 spons Scotch-Brite™, hahaha!


Dan makin ke sini, varian spons Scotch-Brite™ ini makin banyak ajah! Warna-warni sesuai dengan fungsinya yang berbeda-beda. Penasaran? Yuk intip bareng, ya.

HEAVY DUTY SCOURER

Yang pertama adalah sabut spons hijau Scotch-Brite™ untuk alat masak, nah ini yang biasanya saya pakai di rumah untuk seluruh peralatannnn dapurrrr!!! Dan ternyata salah, donk. Hahaha. Sabut hijau ini baiknya dikhususkan penggunaannya untuk alat masak kelas berat!

Permukaannya mengandung serat dan material abrasif khusus, sehingga ampuh untuk membersihkan kerak dan kotoran yang menempel pada panci, kebalikannya kalau kita pakai untuk peralatan makan bisa-bisa malah tergores.

NON SCRATCH SCOURER
Jenis yang kedua adalah sabut spons anti gores. Permukaannya tentu lebih lembut dibandingkan Sabut Hijau Scotch-Brite™. Tipe ini ada tiga warna; tosca, oranye, dan pink. Maksudnya untuk memudahkan kita juga.


1. Sabut Pink Scotch-Brite™ untuk peralatan makan dan minum anak, bentuknya juga ada dua lho, yang berbentuk S lebar dan bentuk S lonjong, yang lonjong tentu efektif untuk botol minum ya. Dan pastinya tidak perlu khawatir tekstur ataupun gambar-gambar kartun pada tempat makan jadi rusak tergores ataupun terkelupas.

Yang lonjong untuk tempat minum

2. Sabut Oranye Scotch-Brite™ untuk peralatan makan dan masak anti lengket (piring, gelas, panci/wajan anti lengket, magic jar, dll). Baiknya memang spons untuk alat makan dan tempat makan anak dibedakan, terutama karena material anti-lengket (polytetrafluoroetylene - PTFE) memiliki zat yang membahayakan jika terkelupas dan bercampur dengan peralatan makan lainnya. Untungnya, sabut non scratch scourer oranye ini cukup lembut sehiingga tidak akan menggores permukaan namun tetap ampuh dalam membersihkan. Yay!

Nah, kalau sudah begini, jadi taukan untuk menggunakan jenis spons sesuai fungsinya. Karena manfaatnya kembali pada peralatan makan dan masak kita. Kalau mau awet ya harus dirawat dengan baik. Ngga mau kan kalau wajan anti lengketnya belum apa-apa sudah terkelupas atau tempat makan yang banyak goresan juga pastinya tidak menarik lagi.

Bagaimana dengan teman-temin, adakah yang mau berbagi pengalaman seputar mencuci piring? Dan untuk yang ingin lebih tau tentang Scotch-Brite™ bisa mampir ke Facebooknya langsung ya...

You May Also Like

16 comments

  1. kalau dulu cuci piring pakai sabut dan pakai abu gosok, sekarang pakai scotch brite dengan dua sisi kasar dan halusnya jadi lebih simple :-)

    ReplyDelete
  2. *baca sambil angguk-angguk.* Keren nih mak postingannyaaa. fotonya juga bagus-bagus. makasi infonya ya Maaaaaak

    ReplyDelete
  3. Foto-fotonya keren neh.

    Spons ini memang sangat cocok untuk kebersihan dapur ya mba

    ReplyDelete
  4. Aku pernah loh teflon rusak karena aku gosok pake sabut kawat :))))

    ReplyDelete
  5. Seneng ya spons Scotch Brite ini punya banyak varian dengan fungsi yang berbeda. Aku juga selalu pake spons ini sejak dulu :)

    ReplyDelete
  6. sponsnya scotch brite cantik...warna warni jd semangat nyuci piringnya

    ReplyDelete
  7. selalu deh fotonya asikk, sampe inipun teflon aja dikeluarin buat futu futu hihi, nice post ^_^

    XOXO,
    http://www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  8. Fotonya keren �� #gagalfokus

    ReplyDelete
  9. Sama, saya sebelumnya juga pakai yang hijau itu untuk semua-muanya :)

    ReplyDelete
  10. fotonya keceee... clear, simple, tapi bagus heheheh #inibahasapacoba

    ReplyDelete
  11. dulu saya ngga ngerti tentang hal ini beberapa teflon rusak akhirnya...:)

    ReplyDelete
  12. foto dan infonyanya menarik,salam kenal

    ReplyDelete
  13. Dulu.. Kebiasaan banget pakai sabut yang kasar buat cuci peralatan makan dan peralatan masak. Tapi sekarang udah "sadar" jadi udah gak heboh lagi. Dan enak banget pake scotch brite. Gak gampang rusak. :)

    ReplyDelete
  14. Bagian cuci dan simpan di tempat yang kering ini yang sering saya abaikan. Gak boleh males saya nih. Thnaks, Noniq :D

    ReplyDelete
  15. dulu sya gak begitu peduli mana sisi kasar dan halus kalau mau nyuci, hehe

    ReplyDelete