Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser; Ya Pembersih, Ya Pelembab

by - Thursday, June 30, 2016


Halo teman-temin, pernah dengar merk produk perawatan kulit Cetaphil? Karena kali ini saya mau bahas salah satu variannya, Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang menurut saya wow banget dan mampu membuat saya baper; kok ya ngga dari dulu saya pakainya. Sungguh salahkan kekuperan dan kekudetan saya bahwasanya Cetaphil ini sudah mengetuk hati para wanita Indonesia sejak 2013!

Saya pertama kali mendengar merk ini dua tahun yang lalu ketika saya mulai perawatan wajah dengan produk yang mengandung tretinoin gegara jerawat sedang hot-hotnya menghinggapi wajah saya inih! Banyak pengguna tretinoin yang menggunakan produk Cetaphil selama kulit wajah mereka dalam masa perawatan. 

Namun dasar si saya, denger merk asing dikit mikirnya langsung 'waduh, barang impor, kudu ke Singapore nih belinya,' dan so obvious sampai beberapa waktu lalu saya belum pernah tuh nyobain Cetaphil #plak, blogger macam apa saya ini! 

Barulah akhirnya kenaifan saya ini disadarkan ketika saya melihat sendiri Cetaphil sudah ada di drugstore Indonesia, OMG, saya mau nyobak!

Produk Cetaphil merupakan rangkaian skin care yang paling direkomendasikan oleh spesialis kulit dan anak di USA juga di berbagai negara
Usut punya usut, ternyata produk Cetaphil yang sudah ada sejak tahun 1947 ini merupakan rangkaian skin care yang paling direkomendasikan oleh spesialis kulit dan anak di USA juga di berbagai negara. Dengan pengakuan international di lebih dari 70 negara mereka sudah mendapat 110 penghargaan, dan khusus untuk Cetaphil Gentle Skin Cleanser, produk ini telah memperoleh 40 penghargaan! Beberapa di Best of Beauty Hall of Fame oleh majalah Allure magazinea tahun 2011, masuk dalam Readers’ Choice tahun 2007,  Best of Beauty tahun 2002 dan 2013, dan baru-baru ini, tahun 2016 diakui sebagai Facial Cleanser Brand of the Year oleh Watsons Phillippines.

Makin penasarankan? Markicus, deh, mari kita capcus bahasnya.
PACKAGING | KEMASAN

Namanya juga pemakaian pertama kali, saya memilih ukuran yang sedang, 125 ml. Tersedia juga ukuran lain 473 ml. Botol bermaterial plastik ini berukuran segenggaman tangan, cukup travel friendly dan kemasannya solid, asal tertutup rapat, cairannya dijamun tidak mudah tumpah. Beberapa kali jatuh tapi tidak sampai pecah juga, botolnya kuat dan tahan banting asal jangan disengaja, ya.

Dengan desain yang didominasi warna biru dan hijau sebagai identitas, kita akan menemukan kalimat pembuka di bagian tampak depan produk:

Cetaphil; Every Age, Every Stage, Every Day. Maksudnya produk Cetaphil bisa digunakan untuk segala umur, segala tingkatan kulit (saat normal ataupun ketika perawatan), dan setiap hari. Tertulis juga bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini bisa digunakan untuk seluruh jenis kulit! Yay~ 


Informasi lainnya adalah kemampuannya untuk melembutkan kulit ketika digunakan (softens as it cleanses). bebas kandungan sabun dan wewangian, dan yang utama, direkomendasikan para dermatologist!

Saat ini, semua rangkaian produk Cetaphil didistribusikan oleh Galderma, perusaah global yang berdiri pada tahun 1981. Berkomitmen dalam menyediakan solusi perawatan kulit dan pelayanan kesehatan (jerawat, rosacea (bintik kemerahan), psoriasis (radang kemerahan), masalah kulit lainnya yang timbul akibat steroid, onychomycosis (infeksi jamur di kuku), kelainan pigmen kulit, kanker kulit, dan perawatan serta solusi perbaikan untuk penuaan kulit) melalui rangkaian produk inovatif, produk Galderma sudah tersebar dan tersedia di 80 negara, termasuk Indonesia!
KOMPOSISI - ADVERTORIAL

Kandungan: Purified water, cetyl alcohol, propylene glycol, sodium lauryl sulfate, stearyl alcohol, methyl hydroxybenzoate, propyl hydroxybenzoate, butyl hydroxybenzoate.

Daftar kandungannya relatif sedikit jika dibandingkan dengan lotion pembersih yang saya gunakan belakangan ini. Kandungan utamanya hanya tujuh. Mencoba mencari pengertian masing-masing kandungan, berikut hasil yang saya dapatkan dari internet.
  • Cetyl Alcohol: atau plamitoil alkohol merupakan lemak alkohol. Banyak digunakan pada lotion dan krim untuk menstabilkan emulsi dan menambahkan kekentalan. Kandungan ini berperan dalam melembutkan kulit.
  • Propylene Glycol: adalah zat cair sintetis yang banyak dipakai dalam produk perawatan kulit banyak seperti shampoo. Mampu membantu kulit tampak halus dan lembut dengan menjaga kandungan air dalam kulit sehingga tidak meresap keluar dari epidermis.
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS) atau surfaktan, dapat membantu menghilangkan residu pada kulit berminyak.
  • Stearil Alkohol: sifatnya yang emolien (mengurangi kekeringan) membantu melembabkan dan menjaga kulit tetap halus dan lembut.
  • Methylparaben, Propylparaben dan butylparaben: methylparaben merupakan senyawa alami yang umumnya ditemukan buah-buahan seperti blueberry. Kandungan ini memiliki memiliki efek anti-jamur dan antimikroba.
TEKSTUR

Cukup mudah untuk mengeluarkan cairan Cetaphil Gentle Skin Cleanser dari botol, karena bentuk lubang botolnya seperti pada kemasan sabun cair pada umumnya. 

Bisa dilihat pada gambar di bawah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini berwujud cairan kental tidak berbau, berwarna putih, namun kalau dioleskan pada kulit lama kelamaan jadi tidak berwarna. Cukup ringan dan mudah diaplikasikan pada kulit.

HOW TO USE | CARA PEMAKAIAN
Secara umum, yang paling menarik dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini adalah bisa digunakan with or without water, dengan ataupun tanpa air! Ini oke banget dan praktis, terutama untuk mereka yang kegiatannya aktif, berada di luar ruangan, sering terkena debu, atau mereka yang harus kembali re-make up dengan cepat.

Berdasarkan petunjuk di botol dan pengalaman saya, begini pemakaiannya.
  • Dengan air: oleskan merata pada kulit, pijat dengan lembut, bilas dengan air.
  • Tanpa air: oleskan merata pada kulit (yang ingin dibersihkan), pijat dengan lembut, bersihkan (tepuk-tepuk) dengan handuk (kalau bisa yang sudah direndam air hangat)
Namun ada juga tambahannya yang teman-temin bisa coba:
  • Scrub Cleanser: Untuk lebih afdol dalam membersihkan kulit mati, kita bisa mencampurkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser dengan oatmeal dan gula, tapi saya sendiri biasanya mencampurkannya dengan baking soda. Sudah 2 tahun saya menggunakan baking soda sebagai bahan scrub, and it works perfectly! 
  • Double Cleanser: sambil me-time, kita juga bisa menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser pada alat pemijat wajah (face massageri).
Memangnya ngga risih membersihkan wajah tanpa air?
Seperti sudah ditulis di atas, produk pembersih Cetaphil tidak mengandung sabun tepatnya deterjen, sehingga tidak menyebabkan buih busa ketika digunakan malahan setelah saya coba sendiri, produk ini ternyata mampu meresap di kulit dan memberikan kelembaban yang cukup tahan lama. Adapun yang kita bersihkan dengan kain hangat adalah residu kotoran yang menempel pada kulit.

Nah, ini dia yang jadi clue selanjutnya. Bahwa ternyata kemampuan melembabkan si Cetaphil Gentle Skin Cleanser menjadikannya pas untuk digunakan saat bermakeup! Keren banget, kan? Nanti kita akan bahas lebih lanjut, ya...

Berikut merupakan tes mengaplikasikan beberapa make up di tangan yang kemudian dibersihkan menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Jangan lupa dipijat lembut, ya, jangan keras-keras, tidak ingin menyakiti kulit sendiri, kan?


Nah, bisa dilihat  hasilnya kan? Sisa-sisa makeup mampu dibersihkan secara menyeluruh, kunci utama menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser adalah "dipijat".
Pengalaman NONIQ Membersihkan Wajah Dengan 
CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER

Susahnya menemukan produk perawatan wajah sangat berlawanan dengan tuntutan pekerjaan yang menuntut saya untuk tampil selalu segar dan ngga kucel (baca: pekerjaan sampingan selain menjadi beauty blogger gadungan hahaha).

Mempunyai pekerjaan yang sering outdoor, mau ngga mau saya harus menggunakan sunblock tiap hari. Belum lagi untuk selalu tampil prima dan menarik, saya harus pakai make-upyah minimal bb cream, alis, dan lipstik, itu udah minimal buanget!

The point is, there's no way I can't escape makeup and dirt.
Menggunakan make up, wajah kena debu, pakai sunblock setiap hari, kebayang donk, artinya kita harus menambah satu ritual lagi. Yup. Membersihkan wajah.

Sayangnya, saya termasuk orang yang berjaga-jaga dalam memilih produk perawatan kulit, tidak cocok dengan yang mengandung AHA serta tidak mau yang ada steroid karena biasanya reaksi kulit saya akan ekstrim hingga gatal-gatal.

Usai menggunakan produk yang mengandung tretinoin setahun lalu dalam rangka membasmi jerawat, kulit wajah saya jadi lebih sensitif, dikit-dikit perih, terkena panas perih, mengelupas, salah sabun jadi nyelekit dan kering. Wah, dampaknya hebat dan saya jadi sengsara kalau harus milih-milih produk untuk kulit wajah. Tipe kulit saya sendiri merupakan berminyak, gampang jerawatan, kadang normal, kadang kering, lebih dari kombinasi. Repot banget deh.

Coba saja saya sudah menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser  sejak dulu, pasti saya ngga perlu repot-repot gonta-ganti pembersih wajahkan?

STOP! CUCI MUKA DENGAN SABUN MENGANDUNG DETERJEN
Apalagi kalau kulit teman-temin cenderung sensitif dan mudah alergi. Karena kandungan ini rentan menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Kandungan Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang soap-free, bebas AHA, steroid, dan wewangian, sukses membuat saya jatuh cinta sejak pemakaian minggu pertama! Bukan hanya baik dalam mengontrol kadar minyak pada wajah, namun juga mampu tidak menyebabkan break out di kulit saya, alias ngga bikin jerawatan.

Paling asyik kalau sudah scrub bareng Cetaphil Gentle Skin Cleanser, kulit wajah jadi halus karena kulit mati keangkat, wajah juga jadi ngga kusam jadi makin cerah, enak banget buat ditoel-toel.

Bagusnya dipakai kapan? Bebas! Bisa digunakan kapan saja. Berhubung saya menggunakannya masih sekitar kurang dari sebulan, saya penasaran nih ingin menggunakannya sepanjang liburan Lebaran nanti, kebetulan saya berencana untuk adventure menjelajah hutan di liburan Lebaran kali ini (sembari cari bahan tulisan buat di blog ini, hihihi), pastinya praktis banget donk, dengan adanya Cetaphil, ngga perlu manja-manji kalau mau cuci muka.

 CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER for Skin Preparation?
BISA!


Ini dia kemampuan Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang paling fenomenal dan cetar membahana! Bisa jadi partner yang pas untuk skin preparation kita. Seperti yang sempat saya tulis di atas, bagaimana varian Cetaphil yang satu ini  mempunyai daya melembabkan kulit yang hebat, sehingga ketika dijadikan dasar makeup kita, bisa membuat wajah jadi lembab dan makeup lebih terlihat segar dan tahan lama.

Ngga pakai lama, boleh dilihat video di atas, cuman satu menit kok, dijamin ngga bikin kuota kempes, hehe.

Kesimpulannya, Cetaphil Gentle Skin Cleanser produk pembersih wajah yang pas untuk teman-temin yang menyukai produk praktis, produk tidak mengandung pemutih, yang bebas wewangian, yang demen pembersih tanpa busa, dan yang penting... Bisa dipakai siapa saja, bayi sekalipun!

| Cetaphil Gentle Skin Cleanser | Harga: ~Rp 130.000,-
Ketersediaan
Guardian, Century, Watsons, Kem Chicks, The Food Hall, 
Grand Lucky Siperstore dan AEON |  WEBSITE | Instagram
★★★★☆ (4.75/5)
PRO
CONS
Praktis pas untuk mereka yang ngga mau ribet
Hemat untuk tiap pemakaian
Tidak mengandung deterjen
Tidak mengandung pemutih kulit
Tidak mengandung wewangian
Mampu melembabkan
Multiple fungsi: pembersih juga melembabkan

Subyektif:
Penulis yang memiliki kulit kombinasi dan sensitif tidak mengalami breakout
Belum tersedia di seluruh supermarket, kecuali yang saya tulis dan online.

Subyektif:
Karena tergolong produk impor, harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan produk lokal.
Tapi jika kembali melihat dengan kemampuan dan hasilnya, it worths the price.
Repurchase? Yes!

Bagaimana menurut teman-temin? Tertarik untuk mencoba Cetaphil Gentle Skin Cleanser juga? Kalau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk Cetaphil, teman-temin bisa cek langsung ke websitenya, atau langsung langganan news mereka, ya.

See you on my next post!

You May Also Like

28 comments

  1. Wuih... mantap reviewnya. Aku juga cocok pake ini. Bersihin hinyay sampe kulit kinclong. Tapi kulitku ekstra kering. Jadinya abis bersihin, tetep kudu pake pelembab lagi. Tapi ya, nantinya gampang hinyay lagi. Ya bersihin lagi deh. Gudlak ya ke Bali...

    ReplyDelete
  2. Aaaah yuk ke Singapore nyari Cetaphil bareng *eh
    Hihihihi.

    Btw aku belum nyobain nih yang bisa dipake unt pelembab, ada spf'nya gk ya? *ngelunjak :D

    Banyak yang cocok make produk ini, keren emang...multifungsi pulak, mahal tapi bs berhemat hehe.

    ReplyDelete
  3. emang kalau beauty yang review, hasilnya kece gini, lengkap komplit informatif. Yang baking sodanya saya baru tahu, entar mau nyoba. Makasih ya.
    Eh, sebelum lupa. Siap2 nge trip ya mbak, anda memang layak ^^ *kedipin mata*

    ReplyDelete
  4. Wah lengkap bangeeet.. Suka banget sama review nya noniq.. Cetaphil ini emang recomended bgt ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget ^^ Asli review nya noniq ga ada duanya XD

      Delete
  5. Sebelum kenal Cetaphil, skin cleanser saya juga berbusa mba. Kirain wajar aja, qeqeqe. Ternyata itu tak baik.
    Review sekeren ini mah bukan beauty blogger gadungan, ini Top.

    ReplyDelete
  6. Krn lembab abis pakai cetaphil, make up jd gampang nempelnya ya

    ReplyDelete
  7. AKu juga suka pake Cetaphil, yang ngga sukanya harganya kurang nyaman di kantong hehe

    ReplyDelete
  8. Emang kok kalau sering cuci muka yg ada deterjennya bikin kulit kering, duhh yaa cetapil bikin jatuh cinta

    ReplyDelete
  9. Repurchase YES lah, bisa dipake untuk seluruh badan juga hihihi asik asik asik

    ReplyDelete
  10. Udah nyobain Cetaphil juga. Komedo lumayan berkurang :D

    ReplyDelete
  11. haloo kak noniq :) untuk yang oily cleanser blm review ya kak?

    ReplyDelete
  12. Buat kulit berjerawat cocok ga ka? aku bingung nih mau pake yg mana:(

    ReplyDelete
  13. it works on me too, ganyesel pake ini walaupun harganya lumayan mahal

    ReplyDelete
  14. Kalau kulitku kering, apakah tetap mampu melembabkan?

    ReplyDelete
  15. Cetaphil mengandung paraben kak?? Serius??

    ReplyDelete
  16. Mbaaaa kita samaaaa.. Aku ini lg jerawatan krn kmrn pake skin care yg ada kandungan aha. Pdhl aku alergi itu :(. Sial bgt ga teliti bacanyaaa.. Jd nya sampe skr kulitku msh blm pulih sepert oh sebelumnya. Blm coba cetaphil, tp pengeeennn.. Ya ampuun semoga ini jg bisa cocok di kulitku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fanny udah beli cetaphil blom saya lagi jualan murmer

      Delete
  17. paraben ????? what???

    ReplyDelete
  18. kak kalau untuk wajah berjerawat aman gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya cethapil ini untuk segala tipe kulit

      Delete
  19. klo baking soda nya yg merek apa noniq?

    ReplyDelete
  20. Mantap reviewnya

    ReplyDelete
  21. Bagus banget review nya, saya mau nyoba dan beli di olshop. Semoga cocok deh

    ReplyDelete