[REVIEW + DIY] Velaterapia; Bakar Rambut Agar Halus dan Lembut, Yay or Nay?

by - Thursday, August 25, 2016


Bakar rambut? Hiiiiiy! Are you serious? Tapi itu nyatanya yang dilakukan dalam metode velaterapia atau candle-cutting, sebuah metode unik dalam perawatan rambut dari Amerika Selatan, khususnya Brasil, bertujuan untuk menghaluskan dan melembutkan rambut dengan cara dibakar! Mengapa harus dibakar? Berdasarkan info yang saya baca, api akan membuat folikel rambut terbuka sehingga lebih mudah untuk menyerap vitamin, conditioner, ataupun serum ketika diusapkan pada helai rambut.

Nyatanya metode ini sudah ada sejak tahun 1960 dan banyak wanita-wanita Brazil yang rutin melakukannya di rumah. Velaterapia sekejab menjadi tren ketika beberapa waktu lalu, para model Victoria's Secret; Alessandra Ambrosio dan Barbara Fialho mengaku rutin menjalankan perawatan ini dalam menjaga rambut mereka tetap halus dan lembut.

Dan... Apalah saya ini kalau tidak penasaran dan mencoba?!

Saya memang lagi galau sih, rambut sudah hampir mencapai pinggang, mau dipotong tapi sayang, tapi kalau tidak dipotong kok ya semrawut ngga keren. Mau di smoothing lagi, padahal baru tahun lalu di smoothing. Jadilah saya cukup penasaran dengan si velaterapia ini.

Velaterapia ini berfokus pada membuang ujung-ujung rambut nakal tanpa perlu mengorbankan keseluruhan panjang rambut kita, cukup menarik buat saya yang ingin mempertahankan rambut panjang yang sehat dan lembut.

Tapi tetap saja, jangan lakukan metode ini di rumah sendirian! Karena bagaimanapun juga ingat kata orang tua: jangan main api!


Nah, ini adalah penampakan rambut saya pada awalnya, duh sisa smoothingnya sudah hilang dan mulai kembali ikal dan susah diatur lagi. Beberapa ujungnya pecah-pecah karena sisa-sisa dulu pernah diwarnai dan saya sempat mangkir jadwal creambath. Hehe.

Dan, akhirnya mulailah saya nekad melakukan velaterapia sendiri di rumah. Apa yang dibutuhkan?

1. Jepitan rambut. Untuk menahan bagian rambut lain ketika mau memisahkan rambut menjadi beberapa bagian di dua sisi.
2. Sisir. Pastinya, lebih baik sisir yang berbentuk 'E' daripada sisir sikat, kalau saya mah.
3. Lilin. Ini bahan utama yang harus ada, perhatikan bahwa lilin harus diletakkan di atas dasar yang ringan agar mudah saat kita menggerakkan lilin ke sepanjang untaian rambut kita. Lebih baik jika kita juga ditemani dan tidak sendirian saat melakukan velaterapia.
4. Kep atau penutup badan, agar baju tidak kotor.
5. Gadget. Pertolongan pertama kalau ada apa-apa, pastikan sudah ada pulsa untuk telpon dan akses internet untuk mencari informasi kalau saja prosesnya gagal. Belum isi pulsa? Apa susahnya sih beli pulsa online? Hihihi.

Siap mulai? Maaf ya karena ini merupakan percobaan pertama, saya tidak memotret semuanya dengan lengkap karena agak gambling dan takut gagal juga hehehe.

Selanjutnya kita mulai membagi-bagi rambut kita dalam bagian yang kecil (seperti kalau kita mau kepang rasta ala Bali), lalu diputar seperti kue tambang, nah, saat ada bagian ujung rambut yang mencuat keluar dari pilinan rambut kita, itulah target ujung rambut yang harus dibakar!

Lakukan secara menyeluruh, ya, memang banyak dan cukup melelahkan. Untuk rambut sepanjang saya dibutuhkan waktu kira-kira dua jam (termasuk nonton internet untuk melihat sebagian instruksinya di sela-sela proses saya sendiri).

Setelah semua pilinan rambut terbakar, barulah kita membuka pilinan dan kembali menyisir untuk membuang bagian-bagian yang gosong. Bagian tersebut akan terlepas dengan sendirinya ketika disisir, kok. Dan jangan kaget kalau rambut kita berbau hangus atau gosong, hihihi.


Ini ketika rambut saya sudah selesai dibakar, mulai rapi dan agak lurus, ya, tapi bau gosongnya kagak nahan!

Langkah terakhir adalah langsung bilas rambut kita sambil ditambahkan nutrisi semacam hair mask, conditioner, atau, krim creambath. Lalu keringkan dan jangan lupa tambahkan vitamin atau serum rambut tergantung kebutuhan.

Dan inilah hasilnya, taaarrraaaaaa--


Lurus kayak abis smoothing ya? Padahal ini hanya dikeringkan dengan hairdryer lalu disisir, lho. rambut memang jadi lembut dan berkilau, namun tidak terlalu kontras - maksudnya ujung rambut nakalnya belum secara total hilang (karena selama proses velaterapia-nya, saya melakukannya agak takut dan ragu) namanya juga percobaan pertama.

Metode ini katanya baik dilakukan secara rutin per tiga bulan sekali dan lebih efektif untuk kriteria rambut panjang.

Dibalik manfaatnya yang menjadikan rambut lebih halus dan lembut, katanya sih banyak pakar yang bilang metode ini bakal bikin rambut menjadi lebih rapuh, tapi saya juga mau lihat dulu bagaimana efek sampingnya di rambut saya.

Kalau teman-temin sendiri bagaimana? Adakah atau sudah pernah mencoba?

See you!

You May Also Like

10 comments

  1. Buat video tutorialnya dong kak 😆

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete
  2. eerrr, pernah denger sih tapi ga berani nyobain sendiri, beneran ya non jadi bagus rambutnya, bikin utubnya donk biar ada bayangan hehehe kali ajah kapan-kapan aku mau nekat nyobain juga :D


    The Journey

    ReplyDelete
  3. Waaaaah baru tau ada metode ini. Tapi was was juga kalo tangan kesenggol dikit terus rambut kebakar semua. wth -_-


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. baru tau ada cara kayak gini :O
    videonya mbaak :D

    ReplyDelete
  5. Aku kok nggak berani ya hehehe.. tp menarik.. aku baru tahu ada metode seperti ini..

    ReplyDelete
  6. aku baru tau cara kaya gini dan keliatannya agak ngeri ya *jiper*, salah-salah malah fatal :O

    https://isthiud.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  7. Jiaah rambutnya bagus *salahfokus :D

    ReplyDelete
  8. Metodenya nakutin sih,tapi hasilnya OK loh ya.


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. hihi syerem juga yaa :( baru tau neh...ga berani nyoba ya iya rambutku kan pendek xixi

    ReplyDelete
  10. Cakep nih kalau nanti kita praktekin, makasih ya kak infonya.

    ReplyDelete