Pentingnya Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus

by - Wednesday, August 17, 2016


Saat masih berada di bangku sekolah, saya selalu semangat jika diadakan kegiatan upacara. Semangat banget! Kenapa? Karena artinya jam pelajaran di kelas berkurang, apalagi kalau ada ulangan di jam pertama, biasanya dibatalkan atau diundur karena waktunya tidak ada. Atau biar adil dan tidak perlu mengorbankan jam pertama pelajaran, maka durasi per mata pelajaran sepanjang hari itu dikurangi, yang biasanya 60 menit, jadi 50 menit biar semua kebagian.

Kesenangan lainnya adalah: waktu jajan lebih cepat! Biasanya seusai upacara, namanya juga kenakalan murid remaja zaman itu, saya selalu mencuri kesempatan untuk jajan dulu di kantin entah beli minuman dingin atau keripik – padahal baru satu jam yang lalu saya menghabiskan sarapan di rumah.

Dan satu lagi penyebab kenapa saya suka upacara:  kesempatan untuk eksis. Sebagai murid yang aktif, saya selalu menjadi pembaca UUD 1945, menjadi anggota paduan suara, ambil bagian sebagai pengibar bendera, ataupun membawakan teks Pancasila. Pokoknya kudu eksis.

Bener ngga sih motivasi yang kayak gitu, kalau dulu sih saya beranggapan sah-sah saja, tapi sekarang saya jadi lebih banyak menertawakan diri sendiri. Kok gitu banget sih gue! Hihihi.

Di usia yang sudah melewati kepala dua ini, saya memang sudah jarang, hampir tidak pernah mengikuti kegiatan upacara (terakhir kali adalah ketika kuliah, beberapa tahun yang lalu tentunya).

Sekarang ini? Walaupun tidak dilakukan secara massal, namun warga sekitar tempat saya tinggal rutin mengadakan kegiatan upacara setiap tahun juga tempat ibadah saya secara khusus mengadakan acara memperingati hari kemerdekaan yang juga dibarengi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dan sepertinya malah saya lebih menghargai makna hari kemerdekaan Indonesia, ya, saat sekarang ini – bisa jadi karena sudah terlalu banyak mengenyam sejarah perjuangan, hapal segala tragedi dan proses menuju kemerdekaan itu sendiri.

Kalau pendapat teman-temin sendiri bagaimana dengan kegiatan Upacara 17 Agustus-an? Iseng-iseng saya mampir ke situs pasarpolis yang memuat tulisan mengenai makna upacara bendera 17 Agustus, setidaknya ada empat poin penting yang perlu kita ketahui mengingat pentingnya arti hari kemerdekaan bangsa kita.


1. Mengenang Jasa dan Perjuangan Para Pahlawan
Kalau dulu, bagian ‘Mengheningkan Cipta’ ketika upacara semasa sekolah ada favorit saya, karena artinya upacara akan selesai. Namun, saat ini jika kita benar-benar merenung betapa besarnya jasa para pahlawan yang berjuang demi memberi kita kemerdekaan, wah, rasanya rasa kagum dan panjatan syukur kepada Tuhan YME saja tidak cukup. Coba bayangkan kalau kita belum merdeka hingga saat ini? Memangnya kita bisa ngeblog sebebas sekarang?

2. Meningkatkan Nasionalisme
Secara tidak langsung, ketika kita mengikuti acara Upacara 17 Agustus, kita akan dibuat bangga dengan bangsa dan negeri kita sendiri. Sampai sekarang saya masih selalu terkesan dengan Upacara 17 Agustus yang diadakan di Istana Negara – yang biasanya saya tonton dari TV, keren banget! Apalagi aransemen lagu Indonesia Raya yang selalu menggugah hati dan bikin saya makin cinta Indonesia!

3. Melatih Disiplin
Namanya juga upacara, maka kita harus bersikap hormat dan khidmat, karena bagaimanapun juga sikap kita dalam upacara mencerminkan rasa hormat kita akan bangsa kita sendiri. Masa iya, lagi upacara kita malah bersikap malas-malasan, wah, secara tidak langsung memberikan cerminan buruk bangsa. Bagaimana negeri kita dihargai jika kita sendiri tidak menghargai kegiatan upacara yang notabene sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bangsa dan negara kita.

4. Menguatkan Persatuan dan Kesatuan
Cerminan persatuan para pejuang dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah terlihat dalam kesatuan baik petugas dan peserta upacara ketika kegiatan berlangsung, tentunya. Bagaimana masing-masing petugas menjalankan kewajibannya sesuai tata urutan kegiatan upacara dan bagaimana para peserta upacara mengikuti setiap aba-aba dengan tertib, wah, coba deh teman-temin nonton kegiatan upacara 17 Agustusan di Istana Negara besok pagi, itu keren banget, sangat kompak. Derap langkah para petugasnya bukan hanya membuat kagum tapi memberikan makna upacara bendera 17 Agustus sungguh berarti.


Ada yang upacara pagi ini?

You May Also Like

1 comments

  1. Terakhir jadi petugas upacara sekitar 13 tahun yang lalu. Ada haru dan bangga juga jadi bagian dari Paskibraka. Nilai-nilai upacara yang disebutin diatas, saya setuju.

    Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 71. :)

    ReplyDelete