Indo Wisata Permata Bandung; Edukasi Berlian Pertama di Indonesia

by - Thursday, August 18, 2016


Wanita mana sih tidak mau dihadiahi permata? Saya, apalagi. Jadi ceritanya, minggu lalu, saya berkesempatan mengunjungi Indo Wisata Permata Bandung (IWP), sebuah tempat wisata bertempat di daerah perumahan Citra Green Dago, Bandung, dimana mengusung konsep wisata edukasi berlian pertama di Indonesia.

Kalau teman-temin pernah ke Thailand dan mengunjungi Gems Gallery Pattaya, nah, konsep IWP ini hampir mirip seperti itu. Pengunjung akan diajak melihat proses pembuatan berlian hingga berakhir di toko perhiasan yang berisikan batu mulia ini.

Dengan membayar biaya masuk sekitar Rp. 50.000,- per orang, perjalanan kita dimulai dengan memasuki sebuah ruangan seukuran kira-kira 4 x 6 meter dengan hanya ada satu TV layar datar di dalamnya. Selama lima menit kita akan menyaksikan tayangan seputar sejarah, proses penambangan intan dan hingga pembuatan berlian, juga pengetahuan mengenai kota-kota di Indonesia yang banyak mengandung intan, khususnya Martapura tempat berlian untuk IWP ini didatangkan.
Salah satu proses pembuatan berlian bisa disaksikan di Indo Wisata Permata, Bandung
Selanjutnya tour guide akan mengajak kita melewati lorong ruang kerja para ahli pembuat berlian khusus didatangkan dari India. Antara pengunjung dan para ahli berlian dipisahkan oleh pintu kaca, sehingga kita hanya bisa melihat dari luar saja. Bisa dibayangkan kalau tidak ada pembatas, kami-kami para pengunjung dengan rasa antusias yang besar ini bisa saja ngutik-ngutik peralatan berteknologi tinggi hanya untuk sekedar ngambil foto. hihihi

Walaupun aslinya, pengunjung pada umumnya dilarang mengambil foto sama sekali, lho. Kesempatan ini saya dapatkan semata untuk kepentingan penulisan artikel di blog.

Dengan peralatan serba modern dan canggih, bisa dipastikan hasil permata buatan IWP ini benar-benar akurat dan presisi, karena tidak lagi menggunakan metode konvensional. Kitapun akan dijelaskan proses serta tahapan yang harus dilalui batu permata sejak rough diamond (intan) menuju pemotongan menggunakan laser, dilanjutkan proses autoblocking hingga menjadi perhiasan berlian bernilai tiada tara itu.

Bedanya dengan Gems Gallery Pattaya di Thailand, Indo Wisata Permata hanya berfokus menjual perhiasan berlian saja, tentunya seluruh barangnya sudah tersertifikasi GIA (Gemological Institute of America), walaupun tidak terbatas teman-temin masih akan menemukan perhiasan dengan batu Ruby ataupun Topaz namun tersedia dengan pilihan desain yang relatif sedikit.


Setelah melewati lorong proses pembuatan berlian, nah, kitapun masuk ke gallery penjualan perhiasan permata. Satu pesan dari saya: jangan lama-lama di sana, secara bakal bikin mupeng! Kalau teman-temin penasaran dengan angka di bawah masing-masing perhiasan, coba tambahkan saja tiga digit nol, itulah harganya!


Ruangannya ditata secara mewah, bersuhu adem, dan hening. Hampir tidak ada suara kecuali interaksi antara penjual dan calon pembeli. Setidaknya ada tiga etalase yang ada di sana, salah satunya yang terbesar berada di pusat ruangan memamerkan segala jenis cincin dari harga jutaan hingga milyaran. Dan usut punya usut, ketika saya tanya penjualnya, malah yang paling banyak laku adalah perhiasan dengan akhiran -M pada harganya. Serius!

Dua etalase lainnya terletak di masing-masing sudut ruangan, ukurannya lebih kecil dan memperlihatkan perhiasan jenis kalung dan gelang.



Yah, seperti petikan lirik lagu Marilyn Monroe, but square-cut or pear-shaped, these rocks don't loose their shape, diamonds are a girl's best friend

Tuh kan, jadi pengen perhiasan permata, hihihi. Ada yang mau beliin?

Kunjungi Indo Wisata Permata di
Citra Green Dago Blok N 1-10 Bandung
022 204 50588 | info@indowisatapermata.com
www.indowisatapermata.com

See you!

You May Also Like

9 comments

  1. Suasana heningnya krasa banget, walopun cuman diliat dari foto :)

    ReplyDelete
  2. sangat menarik ya mbak tempatnya..bisa dapat byk ilmu tiketnya lumayan mahal ya

    ReplyDelete
  3. Mataku langsung keluar bintang2nya hahahaa... All my best friends itu mah

    ReplyDelete
  4. Mupeng sama permatanya... Hihi... *bling-bling... :D

    ReplyDelete
  5. tempat wisata yang perlu dikunjungi nih.. biar nambah edukasi

    ReplyDelete
  6. mahal juga ya kisaran harganya bisa sampe puluhan juta

    ReplyDelete
  7. ini sih destinasi wisata yang cocok untuk orang-orang elit

    ReplyDelete
  8. gregeet mata gue langsung keluar bintang bintang kek lufy & usop :D

    bimandroid.net << tips trik android

    ReplyDelete
  9. Kota Bandung makin keren uy! Emang dunia wisata banget ya kalo main ke Bandung. Kalo main ke Kota Bandung aku paling liburan ke Tangkuban Perahu, Saung Angklun Udjo, Mall, dan tempat jual baju branded yang murah.
    Nah..nah.. kalo main ke tempat Indo Wisata Permata belum pernah sih. Baru tahu sejak baca aertikel ini kalo di Bandung ada jual permata. Makasi ya Noniq, udah sharing. Kalo main ke Bandung, aku nggak berwisata ke tempat yang sama.

    ReplyDelete