Ini Tampilan Anyar Alun-alun Ujung Berung Bandung

by - Thursday, June 25, 2015


Setelah renovasi yang dilakukan sejak awal Desember 2014, akhirnya Taman Alun-alun Ujung Berung Bandung diresmikan oleh Bapak Walikota Ridwan Kamil pada 14 Juni 2015 lalu. Dengan membawa tema taman kebudayaan dan kesenian, Alun-alun Ujung Berung diharapkan mampu bukan hanya menjadi kawasan wisata publik bagi masyarakat di sekitarnya, namun juga sebagai salah daya tarik Bandung.

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengunjunginya (ceritanya lagi pengen jalan-jalan tapi yang bukan ke mall, hahaha). Lokasi taman ini sebenarnya cukup jauh dari tempat tinggal saya (di GPS tulisannya 9 kilo!), tapi demi melihat hasil karya Bapak Walikota, bolehlah saya sempat-sempatin ke sini.

Bertempat di tengah Jalan Abdul Haris Nasution dan Jalan Kaum Kaler, area seluas kira-kira 4.200 meter ini benar-benar indah. Hanya saja ketika tengah hari, panasnya ajubilee, yah Bandung emang sekarang panas gilak!


Untuk jalan masuknya, kita bisa melalui gerbang utama berbentuk gapura besar berbentuk gunungan, namun jika kita membawa kendaraan - sepeda motor, bisa diparkir di jalan Kaum Kaler. Sebenarnya sih tidak perlu khawatir, akses taman alun-alun ini terbuka sehingga bisa dicapai dari sisi yang mana saja.


Pandangan saya tertuju di salah satu sisi alun-alun dengan paving warna-warni dan tiang bendera berjejeran. Wah, bagus nih buat spot foto-foto, pikir saya. Di atasnya terdapat bangku-bangku beton yang ditengahnya merupakan taman bunga, lalu ada kolam ikannya juga. Meriah banget deh.

Stone sphere atau bola batu juga hadir di taman ini, menunjukkan ciri khas Ridwan Kamil, seperti dipaparkannya ketika hari peresmian, "Bola batu ciri saya saja. Saya titip ke budayawan, tolong diramaikan, karena sudah saya kasih panggungnya. Enaknya nongkrong bada ashar."

Daerah tengah alun-alun merupakan ruang terbuka yang bisa digunakan untuk apa saja, fokusnya sih lebih ke arah pertunjukkan kesenian seperti benjang, reog, calung, teater, dan hiburan hiburan tradisonal lainnya. Oya di sekilingnya juga ada jogging tracknya juga.


Pada beberapa sudut alun-alun terdapat gazebo dengan ketinggian sekitar 2,5 meter, bisa untuk kumpul-kumpul santai, sekedar nongkrong, yang pastinya dibarengi dengan foto narsis, hahaha.


Oh, fasilitas anak-anak juga tidak dilupakan, lho. Ada taman bermain di sebelah gerbang gapura. Warna-warni mainannya pasti makin membuat anak-anak betah. Iya donk, bisa main gratis.


Dan tentu saja bintang utamanya tidak lain tidak bukan si amphitheater ini.


Ngga kayak Pompeii juga kali ya, tapi setidaknya mampu mengakomodasikan para warga jika nantinya di masa depan bakal ada pagelaran besar yang diadakan di alun-alun ini. Fasilitas tambahan lainnya ada toilet dan hotspot - tapi kemarin saya belum ngecek bagaimana statusnya. Secara keseluruhan area publik ini benar-benar menarik, hanya saja memang panasnya tidak terbendung kalau pas tengah hari. Mungkin bisa lebih diperbanyak tanaman-tanaman hijaunya. Kalau sore mungkin terasa adem ya.

Jadi tidak sabar, kira-kira pertunjukkan apa yang bakal digelar pertama kali disini.

You May Also Like

53 comments

  1. Makin keren aja nih kota Bandung, kapan2 main ah ke uber :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo-ayo, ini nongkrongin taman-taman di Bandung belum selesai aja sayah listnya wkwkw...

      Delete
  2. bandung makin keren. kalo pas ke sana harus datengin satu satu kayanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nih mbak :) banyak banget sekarang taman di Bandung..

      Delete
  3. Bapak Ridwan kamil sudah berhasil membuat kota Bandung semakin keren yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya membuat warga Bandung makin bahagia dan eksis hehe..

      Delete
  4. Makin bangga jadi warga Bandung. Aku udah follow, ditunggu follback nya ya Mak :)
    http://tiayusnita.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di follback, terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete
  5. baguslah warga di timur bandung jadi ada ruang publik yang bagus :D mudah2an tambah banyak lagi di selatan & barat juga. utara udah penuuuuuuhhh! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener-bener, kayaknya semua wilayah Bandung mau dibikinin area sumber kebahagiaan, hihihi...

      Delete
  6. aduuhhh jadi kangen pulang euy,, ini deket banget sama rumaaahku mak.. dulu sih suka beli kupat tahu di depan alun-alun.. enaak..

    tar ah pas mudik lebaran aku mau main ke sini.. harus ini mah :D

    www.vitawirapraja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius??? Enak ngga kupat tahunya? Saya penggemar kupat tahu, sapa tau pas kesini lagi bisa nyicip kupat tahu juga ahahaha...

      Delete
  7. enak ya kalo punya walikota kayak pak Ridwan Kamil
    di sini mah boro-boro taman wisata, jalannya aja pada bebolong-bolong T___T

    mak noniq udah aku follow yaa saling follow juga yuk
    http://daridan.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Lampung ya?? Semoga ntar di masa depan juga maju juga ^^
      Sudah di follow mbak, salam kenal :)

      Delete
  8. Bagus banget ya mak alun2nya, udah lama banget aku ngga ke Bandung, jadi pingin jalan2 ke sana lagii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo donk mak, jalan-jalan irit ke Bandung :)

      Delete
  9. kalo pagi kaya nya sejuk yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pagi atau sore sejuk, kalau malam lampu-lampunya juga bagus :)

      Delete
  10. mbak nonik tu aku suka selalu gambar2nya...bagus tempat2nya ya mb..plg suka yg ada bendera2nya ...ma ayunannya....sekilas kyk di luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ^^ Kalau ke Bandung mampir-mampir hehe..

      Delete
  11. ya ampuuun, sering mampir disini tryta blm prnh ngeklik itu polow2an hihihi.....banduuung ih :)

    ReplyDelete
  12. bandunnnggg sekarang jadi tambah kece ya mak... sudah folback yaaa.. *_*

    ReplyDelete
  13. bandung makin kece nih..jadi pengen liburan kesana

    ReplyDelete
  14. salam kenal, bandung bikin ngiri, apalgai buat kami yang tinggal di kota sangat kecil...iri...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, mak..
      Hehe, jangan donk yuk berkunjung ke sini aja :)

      Delete
  15. Wikkk bagus .... Cuma ngiri deh pingin ke sana. :(

    ReplyDelete
  16. Tahun kemaren lewat pantes amburadul, ternyata mngkn lagi dibangun yah *ga ngeuh*

    Asik lah kalo ada hotspot mah bisa jalan2 browsing sana sini hehe..btw, tp panasnyooooo...-_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, baru banget jadinya juga..
      Panas gilakkk...

      Delete
  17. Semoga akhir tahun bisa ke Bandung :D *lama amat ya*
    Tapi serasa di luar negeri lihat foto-foto Bandung ni, mak

    ReplyDelete
  18. Noniiiq...
    taman uber ini baru aja nongol di preman pensiun tadi sore lhooo...bhahaha...
    Aku sempet bingung, ini lokasinya dimana yah kok keren amat :)

    Aku belum pernah ke Uber ini Niiiq, paling ke taman di alun-alun, taman super hero ajaa hehehe...

    ReplyDelete
  19. bandung bikin iri ajaaaah T.T

    ReplyDelete
  20. keren emang kang RK tuh, selalu inovatif. Gak kaya di Cirebon malah gak punya taman sama sekali

    ReplyDelete
  21. Bandung keren....Semoga Makassar juga bisa ikutan keren

    ReplyDelete
  22. wii.. enak yaaa tempatnya. jadi tambah pengen tinggal di Bandung #eh

    ReplyDelete
  23. cantik ya sekarang, ada tamannya :)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah, setelah baca ulasan ini jadi mantap mau ke sana week end ini

    ReplyDelete
  25. tempatnya bagus tuh buat poto-poto :)

    ReplyDelete
  26. Wah keren nya kota bandung. Agendakan ke bandung aaaahhhhh

    ReplyDelete
  27. Aku mau diajakin ke Bandung donk, Mbak. Baru sekali ke sono. Dulu belom kayak gini ><

    ReplyDelete
  28. Ternyata Bandung memang ngga abis-abis yaa kalau dieksplorasi..saya belum pernah ke taman yang satu ini :)

    ReplyDelete
  29. Wah terakhir saya kesana, belum selesai renovasi nya. Sekarang sudah toh, bisa juga tuh main kesana.

    ReplyDelete
  30. kereeenn bangeett .. kebayang sekarang Bandung jadi makin kece ya mak. moga2 urang Bandung bisa jaga kebersihan dan keindahannya :)

    ReplyDelete
  31. Waduhhh udah lama nih gak ke Bandung, padahal dekat, cuman melintasi cadas pangeran doang.. hehehehe :) Salam kenal ya Mbak... :)

    ReplyDelete
  32. enaknya sore2 ya main ke sininya... ga sabar nunggu ada pagelaran yg tampil di sana...

    ReplyDelete
  33. Keren euy alun-alunnya. Sayang jauh banget dari rumahku mana aku teh angkoter (hahahaha maah curhat). Mudah-mudahan sempet maen ke sini.

    ReplyDelete
  34. daku udah follow dirimu yah Niiiiq :)

    ReplyDelete
  35. Keren banget ini alun2nya. Top memang pak Ridwan Kamil (y)

    ReplyDelete
  36. waah..kereen bandung semakin banyak tempat menarik

    ReplyDelete
  37. Makin ngiri lihat gebrakan yg dilakukan walikota utk kesejahteraan warganya. Keren ya mbak :)

    ReplyDelete