Fruitaholic; 7 Resep, 7 Hari Bersama Sunpride

by - Saturday, August 22, 2015


Haloh teman-temin, pada punya pengalaman seru dengan buah, ngga? Kali ini, saya mau berbagi cerita mengenai seru-seruan dengan buah. Hm, jangan-jangan masih ada yang ngga doyan buah, nih? Saya sendiri kalau di rumah malah dijuluki si "ratu buah" - alias tersangka utama atas misteri hilangnya (baca: habisnya) buah-buahan di rumah. Hihihi...

Bener lho! Terlahir dengan gen murni fruitaholic, saya sudah kuat nyemil rambutan sekilo sejak kecil, makan nanas sebonggol, makan kelengkeng sampe bolak-balik nelen bijinya (terus ditakutin gitu ntar pohonnya bakal tumbuh di perut - dan saya nangis-nangis), bahkan, duren. Duren? Saya bisa abis 5 buah (buah lho, bukan biji ) sendiri, tanpa mabokCuman ya gitu, namanya juga anak kecil, semua nafsu, obsesi, kerasukan, dan impulsif menjadi satu, intinya makan buahnya ngga aturan.

Sekarang gimana? Uda ngga, donk, kan uda gede. Apalagi sejak kenal Sunpride, pengetahuan saya tentang buah makin banyak aja nih. Iya, Sunpride yang itu #manggut-manggut. Bagi saya, Sunpride itu identik dengan pisang cavendishnya yang selalu berwarna kuning cerah dan mulus - itu lho, sebutan lokalnya pisang ambon putih. Sejak pertama kali lihat di supermarket, saya sudah langsung jatuh cinta dengan penampakannya, rasa pisangnya manis dan segar, dagingnya tebal dan ukurannya konsisten - pas untuk katering, hehe. Dan sejak saat itulah saya ngga mau berpindah ke lain hati lagi... Dan semakin bahagia ketika ternyata tau Sunpride juga punya produk buah lainnya.

Adalah pisang, nanas, melon, jambu biji, pepaya, kiwi, apel, pir, jeruk, pomelo, serta anggur, beberapa buah-buahan yang menjadi produk utama Sunpride, sebuah merk dagang di bawah perusahaan PT. Sewu Segar Nusantara yang berada di bidang distribusi pemasaran buah lokal dan impor (selain unit bisnis asuransi dan properti). Didirikan tahun 1995, hingga saat ini jaringan distribusinya sudah menyebar hampir mencapai seluruh nusantara. Beberapa cabang pusat distribusinya yaitu: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali. Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang dan Lampung.

Never miss apple
Saya sendiri kebetulan lebih sering membeli produk buah pisang, apel, jambu biji, dan nanasnya karena cukup mudah ditemukan di supermarket di daerah saya, mungkin karena saya tinggal di Bandung, salah satu kota besar dimana persaingan distribusi buah sangat ketat, mungkin? Tapi ke depannya saya sangat berharap, saya bisa menemukan semua produk Sunpride di tiap supermarket Bandung, Amin.

Memangnya apa sih yang spesial dari Sunpride? Seperti yang sudah saya tulis bahwa saya suka dengan rasa buahnya yang segar, dan ternyata rahasia kesegarannya adalah penggunaan truk berpendingin yang selalu menjaga dan mengendalikan suhu penyimpanan sehingga kematangan buah tetap terjaga tanpa adanya bantuan bahan kimia buatan. Hebatkan?

So, jadi donk kita sekarang seru-seruan bareng Sunpride? Yuk, simak catatan tujuh hari saya bersama Sunpride.

DAY 1. MONDAY

I hate Monday? Wah, ngga ada tuh di kamus saya. Walaupun peralihan weekend ke weekday berdampak pada moodswing, bukan berarti tidak ada solusi kan? Karena itu saya selalu memperlakukan hari Senin sama spesialnya seperti weekend: spoiling myself as a moodbooster. Yeap. Memanjakan diri sebagai penyemangat dengan mengawali hari dengan warna-warni buah potong sunpride; pisang, pepaya, dan nanas. Hm, segar! Bukan hanya melancarkan pencernaan di pagi hari tapi juga membuat suasana hati jadi indah #ceilee... Dijamin kerjapun bakal lebih semangat!


Tentunya sudah pada taukan betapa pentingnya makan buah di pagi hari saat perut masih kosong? Manfaatnya adalah selain melancarkan proses pembuangan yang seyogyanya dilakukan di pagi hari, juga karena kealamian buah memudahkan tubuh dalam proses pencernaan dan penyerapan segala nutrisi, serat, karbohidrat dan gula yang terkandung di dalamnya. Apalagi bagi yang mau diet, wah kudu banget makan buah sebelum sarapan karena sebagai penghambat rasa lapar, juga sebagai sumber energi.

Tengah hari, saya akan menikmati homemade banana split sambil mengerjakan deadline pekerjaan yang setumpuk. How cool is that?


DAY 2. TUESDAY

Hari Selasa itu ibaratnya back to track, tubuh dan pikiran sudah kembali dengan ritme kerja yang padat, hecticnya deadline, keriweuhan tempat kerja, maka saya membutuhkan nutrisi yang terbaik yang bisa saya dapatkan dari nanas. Pagi ini saya membuat pineapple cinnamons - yaitu nanas direbus dengan rebusan air kayu manis. Hangat, rasa manis-asam nanas honi Sunpride bercampur dengan kesegaran dan keharuman kayu manis, benar-benar menghangatkan perut, sangat pas untuk menu sarapan.


Manfaat nanas ini banyak lho, beberapa diantaranya tentu sebagai sumber vitamin C; seporsi buah potong nanas mengandung 131% dari total kebutuhan vitamin C setiap harinya, banyak bangetkan? Belum lagi kemampuannya menyembuhkan penyakit liver (karena kandungan flavonoid, karoten, dan poliphenol). Untuk yang sedang diet, buah nanas juga bisa menyediakan kandungan serat dan gula yang cukup untuk mengamankan perut dari kelaparan di pagi hari. Dan yang paling penting, makan nanas di pagi hari ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan otak dalam beraktifitas serta menjaga daya konsentrasi. Wuih, saya banget tuh!.

Nah, untuk kudapannya, ya, ngga ada salahnya donk, cemil aja nanas Honi langsung. Yang paling saya suka dari karakter nanas Honi Sunpride ini adalah, ketika madu di kulit nanas mulai keluar tanda buah matang, makin manis pulalah buah nanasnya. Nikmat banget!


DAY 3. WEDNESDAY

Menuju tengah minggu, sangat penting untuk menjaga kondisi fisik tubuh terutama saya yang kerjaannya ngider, kelilingan kemana-mana. Di hari Rabu saya biasanya ada acara manggung hingga malam jadi sudah pasti wajib untuk benar-benar punya asupan energi tambahan. Jadilah hari ini saya semangat membuat banana cake, kue pisang ala-ala saya gitu. Caranya sederhana dan cukup mudah: tepung terigu, telur, minyak, gula dan pisang yang sudah ditumbuk dicampur lalu kocok pakai mixer sebentar, tuangkan dalam cetakan dan siap dipanggang.


Pas banget untuk dijadikan bekal ke kantor sebagai makanan ringan, daripada jajan-jajan yang ngga jelas, mending menyantap makanan yang sudah jelas kandungannya. 


DAY 4. THURSDAY

Hari Kamis buat saya itu: santai tapi capek; kerjaannya gampang-gampang tapi buanyak, bahkan kadang sampai lembur-lembur. Jadi saya kembali butuh yang namanya moodbooster. Jadi, hari ini kita mau seru-seruan sama apa ya? Well, sayapun memilih menyantap pisang cavendish kali ini dengan Sunpride Pacific Rose Apple yang manis dan renyah.

Perkenalan saya dengan apel Sunpride (terutama Fuji NZ dan Pacific Rose) adalah ketika saya mengikuti program detoks yang mengharuskan saya hanya makan apel dan minum air putih selama tiga hari untuk proses penyembuhan saya kala itu. Nah, saya belinya apel Sunpride, karena merasa terjamin dengan kemasannya yang benar-benar dibungkus (di samping saya cukup resah dengan isu yang beredar bahwa banyak apel yang diberi lilin).


Tambahannya adalah kali ini saya membuat puding nanas yang segar; manis - asam bercampur jadi satu, lezat! Satu lagi cerita tentang nanas nih, selain kandungan vitamin C-nya yang melimpah, buah nanas juga mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai anti peradangan, mengurangi bengkak akibat sinusitis, radang tenggorokan dan luka bakar.


Jujur, salah satu alasan kenapa saya doyan banget beli Sunpride adalah: ketika kita berlomba-lomba jaga gengsi membeli buah tropis hasil impor, Sunpride hadir dengan buah lokal dengan kualitas yang bahkan tidak kalah dengan hasil luar negeri. Sekedar informasi, produk Sunpride yang didominasi buah-buahan tropis meliputi Guava Crystal, Honi Pineapple, Honey Melon, Golden Melon, Rock Melon, Pepaya Hawaii, Pepaya California, Jeruk Siam Madu dan Orange Watermelon telah membantu menunjukkan potensi Indonesia sebagai partner distributor importir buah-buahan yang berkualitas, bukan saja karena kenikmatan rasanya namun karena sistem kerja perusahaannya yang juga sangat profesional. PT. Sewu Segar Nusantara (SSN) telah mengembangkan tahapan pengendalian kualitas yang ketat dan terpercaya sehingga dapat diandalkan oleh lebih dari 1.000 petani lokal. Teknik pemasarannyapun inovatif, menggunakan metode penyimpanan dan kemasan yang selalu diperbaharui, PT SSN berusaha memberikan produk dengan tingkat kualitas, rasa dan kesegaran yang konsisten.

DAY 5. FRIDAY

Kalau sudah menuju hari Jumat, biasanya aura-aura tengah minggu sudah lumayan tercium nih, jadi bolehlah kalau kita sudah curi-curi start duluan membuat hidangan sederhana, nikmat, namun mewah #ciyeh. How about a pancake and a glass of fresh baby orange juice? Pancake pisang sunpride siram madu yang bersanding dengan jus baby orangenya Sunpride. Ugh! Segar banget, sisa pisangnya boleh deh dicemil lagi untuk menambah energi. Saya sendiri pernah mendengar bahwa jodohnya madu itu adalah buah.


Membuat jus dengan cara memeras sendiri ternyata terbukti lebih mengandung banyak nutrisi, dan memang terbukti lho lebih nikmat, disajikan dingin dan tanpa gula biar lebih alami dan menyehatkan. Dijamin stamina tubuh terjaga sepanjang hari. Faktanya, satu gelas jus jeruk mengandung sekitar 110 kalori, 21g gula, 12g karbohidrat, dengan kandungan lemak kurang 0,1 g - dan sekitar 0,5 g serat makanan, belum lagi kandungan vitamin C nya yang baik untuk daya tahan tubuh. Terkadang kalau saya kurang istirahat namun kegiatan padat, asupan vitamin C saya yang utama ya dari jeruk ataupun madu.


DAY 6. SATURDAY

Yay! Weekend, hari yang paling ditunggu-tunggu. Berhubung saya biasanya kebanyakan malasnya kalau lagi hari libur, jadi biasanya saya lebih banyak membuat kudapan yang mudah. Seperti puding; tinggal campur bubuk puding, sari buah, air dan gula. Rebus hingga mendidih masukkan dalam loyang. Nah, yang seru dengan Sunpride adalah, kali ini saya menggunakan sari buah pepaya juga jeruk Sunpride (dijus). Setelah itu kulitnyalah yang saya jadikan loyang puding. Hmm.. Tunggu hingga dingin, dan siap disantap sore-sore ketika sedang bersantai menonton acara kesukaan.


Btw, kenapa harus pepaya di hari Sabtu? Iya, tidak lain karena manfaat pepaya untuk kecantikan; Dagingnya yang berfermentasi, membantu melembutkan sel-sel kulit mati sehingga mudah dibersihkan, memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Cocok untuk para wanita yang lagi mau me-time  di hari Sabtu kayak saya. 


DAY 7. SUNDAY

Hari Minggu, it's my family time. Saatnya menghidangkan suguhan spesial untuk seluruh keluarga, berhubung anggota keluarga saya juga sama doyan buahnya, kali ini saya membuat salad buah sederhana. Bahan-bahannya ya seluruh persediaan buah di kulkas saja; apel, anggur, pear, nanas, dan melon, dan disiram saus mayonaise.


FRUIT IS THE NATURE'S CANDY
Yeap. Sejak saya ketahuan punya maag akut, gejala kolesterol dan kecenderungan diabetes (genetik), saya benar-benar menjaga pola makan saya. No more bahan pengawet, gula-gula buatan, ataupun perisa. Selama saya bisa makan makanan sehat, kenapa tidak? Toh malah terbebas dari segala risiko.

Nyatanya, tujuan Sunpride melalui PT Sewu Segar Nusantara juga tidak lepas dalam mengedukasi masyarakat mengenai buah sebagai bagian dari diet yang sehat. Pasti sering lihatkan, kalau di bagian stand buah Sunpride pasti ada tuh bagan untuk mengetahui pisang yang matang dan mana yang masih mentah. Karena memang Tim pemasaran SSN berusaha mendidik konsumen dan menyediakan alat yang diperlukan untuk dapat memilih dan membedakan buah untuk kesegaran dan kualitas, menilai kematangan buah berdasarkan warna, kekerasan dan ukuran, juga memberikan informasi proses pematangan buah setelah dipetik dan waktu ideal untuk penyimpanan dan konsumsi. Semuanya bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan semua produk Sunpride. 

Saya sih puas banget dengan semua produk Sunpride. Kalo ngga, gimana bisa seseruan tiap hari, ya nggak? 

Dan ngomong-ngomong tentang fruitaholic lagi, sebenarnya, entah mitos atau fakta, walau para ahli masih belum berani memberi kepastian yang jelas, julukan saya si ratu buah ini memang tidak lepas dari ngidamnya ibu saya dulu ketika sedang mengandung saya. Jadi dulu ketika ibu saya sedang hamil, beliau ngidamnya buahhhh mulu, tiap hari buah; hari ini rambutan sekilo, besok kelengkeng sekilo, mangga asem #wajib tiap-tiap, besoknya pepaya, melon, pisang, begitu seterusnya, hingga sampai hari ini saya beneran jadi fruitaholic.

Pokoknya menjadi fruitaholic ngga bakal nyesel deh, yuk cobain!

You May Also Like

14 comments

  1. looks yuuum...aku mulai disiplin dengan FC, at least for breakfast :)...selalu dengan buah dan ekslusif buah...dan asli enaaak :)

    ReplyDelete
  2. Itu kena maag akut knp say? banyak mikirin apa ato siapa hehe *kepooo...

    Iya lah sarapan buah emang top, enak diperut! dan katanya makan buah pagi bisa maag itu hanyalah omkos belaka :D

    Saya pengen ikutan taunya telat ung huhu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, maag akut banyak pikiran kurang makan wkwkwkw...

      Iya bener, makan buah pagi-pagi sekarang bener-bener is a must :)

      Delete
  3. Sunpride buah lokal kah aku baru tau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buah lokal (terutama buah tropis), tapi companynya juga distribusi beberapa buah impor yang memang ga bisa diproduksi di Indonesia.

      Delete
  4. aku suka nanasnya, manis dan bisa dimakan sampai bonggolnya

    ReplyDelete
  5. waah fotonya bagus-bagus. makanannya pun kayaknya enak-enak, apalagi banana splitnya :D

    ReplyDelete
  6. Niq, aku ngeces ih liat salad buah ala-ala mu itu hehehe... sayang ya, buah-buahan sunpride ga lengkap uy. Paling suka sama kiwi gold dan pengen cicipin anggurnya.

    ReplyDelete
  7. salad buahnya keliatan seger banget yummy.. favorit aku guava crystal nya sunpride cobain deh mba enak banget :D

    ReplyDelete
  8. Mantaps, seger buah2nya.
    Dibuat es buah mantaps ni :D

    ReplyDelete
  9. Waaaaaaa cantik banget, kalau ada di depan aku gak akan aku makan, sayang potongannya bagus untuk di nikmati daripada dimakan..
    Wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Hmm, jadi bikin ngiler semua foto-fotonya nih mbak. :")

    Pengen nyoba resepnya buat keluarga di rumah juga nih yah mbak hehe

    ReplyDelete
  11. ku kira sunpride itu punya luar ternyata, punya kita2 juga ya. hehehe

    ReplyDelete