Andhika-Ussy; Bisnis Make Up Dissy "Pernah Ditolak, Sekarang Diperebutkan Investor"

by - Thursday, September 22, 2016


Halo teman-temin, hari ini saya mau cerita tentang pengalaman beberapa waktu lalu mengikuti "Gathering Beauty Blogger With Dissy". Pastinya kita semua uda ngga asing lagi, donk, mendengar kabar bagaimana para artis Indonesia lagi gemar meluncurkan brand make up mereka masing-masing. Nah, Dissy ini adalah salah satunya, produk kosmetik milik pasangan selebritas Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama.

Membaca dari namanya saja, Dissy, sudah jelas bahwa nama tersebut diambil dari kedua nama mereka.

Saya sendiri awalnya mengetahui Dissy dari saudara-saudara saya yang tiba-tiba ngeborong lipstik Dissy, "Ini bagus, lho! Lagi ngehits," ungkapnya. Beberapa kali mencoba kelembutan si lipstik dan suka dengan warnanya, sayapun akhirnya berkesempatan untuk hadir dalam acara gathering yang diikuti lebih dari 20 blogger ini dengan harapan bisa mengenal lebih banyak tentang Dissy.

Acara ini diadakan di salah satu restoran di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Seperti biasa, saya meluncur langsung dari Bandung. Berhubung registrasinya mengharuskan kita hadir pukul 11.00, sayapun berangkat dari Bandung jam 5.30 pagi. Hahaha, gilak! Muka masih kusut, kucel, ngga pake makeup, bermodal baju bobo dan sandal jepit (iyalah, persiapan tempurnya di tas).

Bersyukur jalanan Jakarta ngga macet, saya sukses sampai di tujuan pukul 10.00 pagi dan bergegas langsung ganti kostum dan menuju restoran. Sambil bertemu sesama blogger lainnya, ternyata kami diajak untuk menikmati santap siang dulu sebelum acara utama bersama pasangan Dhika Ussy dimulai.

Acarapun dimulai tepat jam 1 siang, kehadiran pasangan ini seketika membuat ruangan restoran jadi rame, memuji Ussy yang terlihat sumringah - terutama karena kehamilan anak keduanya dengan Andhika juga terkagum-kagum dengan Andhika yang guaanteng banget!

AWAL MULA PRODUK KOSMETIK DISSY

Kalo teman-temin berpikir usaha Dissy itu dimulai dari Ussy, salah lho. Ternyata ide awal itu berawal dari sang suami si Dhika. Secara doikan pernah jadi ambassador produk perawatan kulit (itu yang depannya 'P'), jadi dia banyak belajar banget tentang dunia produk kecantikan, termasuk kenyataan bahwa keuntungan berbisnis di bidang ini emang gede bingit profitnya (cewek mana sih yang ngga belanja kosmetik, minimal skincare gituh?).

Jadilah Dhika mendiskusikan hal ini dengan sang istri. Sebelum menjadi Dissy di tahun 2014, tadinya produk ini akan diberi nama Ussy - biar sama dengan usaha sepatu, baju. Namun karena di dalamnya juga ada andil sang suami, jadilah namanya seperti sekarang ini. Sweet banget, ya.

Dhika dan Ussy mengaku memikirkan semua elemen Dissy dari nol; desain kemasan, logo, kandungan produk, jenis produk. Bahkan tidak tanggung-tanggung, sebelum dilempar ke pasaran, mereka sudah lebih dulu mencoba produknya sendiri.

Produk pertama mereka adalah sabun dan body lotion (tiga varian; kiwi, mangga, dan strawberry) dengan jumlah produksi masing-masing 1.000 buah. Namun sayang, ketenaran nama keduanya tidak menjamin banyak toko berani mendistribusikan produk mereka.


Alasannya banyak, mulai dari kurangnya varian, hingga takut dikira produk abal-abal yang mengatasnamakan artis (yah, kan ada gitu produk palsu bernama artis padahal ngga tau pembuatnya sapa).

Walaupun sempat galau terkait pemasaran, akhirnya mereka mencoba memasarkan via online (instagram) dan tak disangka malah laku dalam sekejab! Pembelinyapun bukan sebatas para ABG, tapi juga artis-artis, lho.

Melihat intensitas pasar yang lebih condong ke arah make up, maka Dissypun mulai melebarkan sayap aktif mengeluarkan produk lipstik; natural nude, matte, dan yang terbaru melted lipstick - yang langsung sukses di pasaran, juga bedak, blush on, dan sebentar lagi ada BB Cream dan nail polish (kutek, hihihi).


Ussy mengaku banyak terinspirasi dengan produk luar negeri yang dianggapnya bagus namun belum ada di Indonesia, termasuk melted lipstick nya yang tengah ngehits ini - saya belum kebagian tapi, duh.

Hingaa saat ini Dissy telah memiliki puluhan karyawan, ratusan reseller dan puluhan distributor hingga ke seluruh Indonesia. Bahkan Dissy juga telah ada di Taiwan, Singapura, Hongkong dan Brunei.

Melihat kesuksesan Dissy, sekarang banyak investor bahkan dari luar negeri yang ingin menanam modal di Dissy. Menanggapi hal itu, Dhika dan Ussy masih menolak untuk bekerjasama dengan pihak lain, terutama luar negeri, karena takut Dissy kehilangan identitas sebagai produk dalam negeri berkualitas.

Dhika dan Ussy juga mengaku bahwa Dissy merupakan buah pikiran mereka berdua, sehingga kalau ada tambahan pihak lain, "Nanti bukan Dissy, donk," canda Ussy.

BERBISNIS DISSY? INI CARA JADI RESELLER DISSY

Saat ini kosmetik Dissy memang sudah mulai tersedia di supermarket dan drugstore, namun masih terbatas. Gampangnya sih beli online melalui reseller resmi Dissy yang sudah tersebar di tiap kota di Indonesia.

Belum ada reseller Dissy di kota teman-temin?

Kenapa ngga jadi reseller aja? Malah lebih untung, lho, karena teman-temin bisa membeli produk Dissy dengan potongan 20% dan jika ingin menjadi distributor teman-temin bisa mendapat diskon 30% untuk pembelian produk.

Menjadi reseller Dissy asyik lho, karena semuanya ditangani sendiri oleh Ussy, kalau ada complaint, ada retur, ada pertanyaan, bisa langsung bertanya ke Ussy - seputar Dissy, tentunya.

Kalau tertarik, teman-temin bisa cek instagram @ownerdissydhikaussy untuk lebih jelasnya.

VARIAN PRODUK DISSY



Saat ini produk Dissy mencakup:

1) Perawatan kulit: Body lotion, body wash, lightening night cream, lulur mandi, body mist, facial foam, Milk cleanser and face toner.
2) Make up dan dekoratif: dissy melted, dissy eye mascara, dissy lip matte, dissy eyeliner liquid black, dissy face powder, lightening day cream, eye shadow, BB Cream, hand made trimed and feathered self adhesive eyelash,two way cake, dissy color lipstick,  blush on, nail polish.

Saat ini produk Dissy sudah tersertifikasi halal oleh MUI dan terdaftar di BPOM, Ussy sendiri menyatakan produk-produknya aman; tidak mengandung merkuri dan hidrokuinon.


Sesuai dengan taglinenya, Tunjukkan Jati Dirimu, Dissy ini merupakan Ussy, apa yang Ussy suka ya ada semua di produk Dissy. 


Ada yang tertarik mencoba produk Dissy? Teman-temin bisa kepoin akun instagram 

Tulisan berikutnya saya akan membahas tentang beberapa produk Dissy, ya.

See you!

You May Also Like

6 comments

  1. Banyak juga ya variannya. Tapi teuteup, saya mah ngeceng lipstiknya. Cuma itu sih yang dipakai sehari-hari. Eh, kalo beli kudu di reseller, ya? Gak ada di toko biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku juga pengen lipstiknya. Di toko biasa ada sih, tapi aku ngga hapal mana aja, jadi mending reseller kadang lebih murah hehehe...

      Delete
  2. ini dulu si andika pratama ini, tetanggaku di depan rumahku nih. Eh.. tapi nggak mau ngomongin itu ah. nanti dikira numpang ngetop lagi.. wkwkwkw... btw, aku belum ketemu nih produk ini di toko kosmetik

    ReplyDelete
  3. Aku sampai sekarang belum sempet nyobain produk ini hihi. Kirain cuma produk dekoratif. Eh ternyata lengkap ya

    ReplyDelete
  4. memang gitu ya, biasanya produk laris itu awalnya bakal ditolak-tolak dulu dn sekarang jadi perebutan deh

    ReplyDelete
  5. Baru nyobain lgsung suka..😄

    ReplyDelete