Cantiknya Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung

by - Wednesday, October 19, 2016


Haloh teman-temin! Pasti belum lupakan bagaimana hebohnya perhelatan PON (Pekan Olahraga Nasional) XIX dan Peparnas (Pekan Paralimpic Nasional ) XV 2016 lalu yang dilakukan di Jawa Barat. Sebagai warga Bandung (dan blogger unyu sok eksis) yang baik pastilah saya juga tidak ingin melewatkan kesempatan yang tidak datang sekali empat tahun ini. Kota saya sendiri menjadi tuan rumah untuk beberapa cabang olahraga di antaranya; sepak takraw, softball, renang (termasuk renang indah dan loncat indah), hoki indoor dan taekwondo.

Semasa persiapan PON  XIX dan Peparnas XV, saya dan beberapa blogger juga sempat bertemu Kang Aher, gubernur Jawa Barat, dalam rangka diskusi seputar proses pengerjaan venue-venue di Bandung.

Dan adalah stadion Si Jalak Harupat yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung yang menarik perhatian saya. Selama ini kalau menyebut stadion di Bandung, saya hanya tau Gelora Bandung Lautan Api (GBL) doank.

Nama Si Jalak Harupat sendiri diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata (di Bandung juga ada nama jalannya, Jalan Otto Iskandardinata, disingkat Otista, fyi aja sih, hahaha).


Jadi, ceritanya, dalam rangka menyambut acara PON XIX beberapa waktu lalu, diadakanlah lomba foto dengan tema ‘Persiapan Venue dalam Menyambut PON XIX’ dan obyeknya adalah Si Jalak Harupat ini. Ya, saya ngga ada niatan pengen menang juga sih, yang penting ada alasan jalan-jalan aja. Maka jadilah saya menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit menuju Soreang demi hunting foto.

Saat itu cuacanya belum memasuki bulan hujan seperti sekarang – walaupun memang hujan di Bandung belakangan tidak bisa diprediksi, cuaca sangat terik, panas, dan kondisi jalanan sangat berdebu.

Baru memasuki gerbangnya saja, saya sudah dibuat terpukau oleh area depan stadion Si Jalak Harupat, cerah, warna-warni meriah! Didominasi kuning, merah, dan hijau. Memang belum selesai sih renovasinya, alias daerahnya benar-benar ngebul karena banyak area pekerjaan di mana-mana, namun hasil renovasinya bisa dengan sedikit-sedikit dilihat.


Stadion yang dibangun pada  Januari 2003 ini memang direnovasi, termasuk di dalamnya yang saya perhatikan saat itu, pengecatan (baik bangunan dan interior stadion seperti kursi penonton), dan penambahan exterior (pengaspalan jalan, pembuatan taman dan kursi di trotoar, penanaman).

Saya melihat bagaimana para pekerja sangat bersemangat dalam menyelesaikan renovasi ini, dari yang muda hingga yang paruh baya. Namun ada juga pemandangan yang ekstrim, dimana saya melihat salah satu pekerja melakukan pengecatan bagian menara stadion tanpa menggunakan pengaman!

Gilak! Saya sempat bertanya kepada beliau, ngga takut jatuh apa? Namun beliau hanya tersenyum sambil melanjutkan pekerjaannya. Kagum dan salut, padahal saat itu matahari sedang terik dan panasnya cuaca sungguh tak tertahankan, belum lagi bau aspal yang berada tepat di bawahnya. Mungkin bagi mereka hal yang biasa.

Sayapun hanya bertahan sekitar 1,5 jam di dalam lingkungan  stadion Pemerintah Kabupaten Bandung ini. Tepat ketika saya akan pulang, mulai banyak berdatangan anak muda lengkap dengan peralatan fotografinya – mungkin mereka juga mau ikut lomba foto?

Saat ini, Stadion Si Jalak Harupat merupakan homebase dua kesebelasan Bandung; Persib dan Persikab, walaupun saya tidak pernah nonton pertandingan secara langsung, tapi saya tidak pernah melewatkan melihat info persib bandung terbaru sindonews untuk prestasi terbaru mereka, termasuk berita bahwa belakangan Persib sedang enggan untuk bertanding di Stadion Jalak Harupat. Err, saya juga belum mengikuti lagi sampai mana perkembangannya.


Namun yang pasti, stadion yang mampu menampung 27.000 penonton ini benar-benar mempesona! Sayang hingga saat ini saya belum sempat kembali berkunjung untuk melihat hasil renovasinya. Lalu bagaimana dengan lomba fotonya? Seperti biasa karena saya anaknya suka mepet-mepet deadline, akhirnya malah foto-foto tersebut tidak jadi dikirimkan karena sudah lewat tanggal, duh! 

Ya sudahlah, makanya saya pajang foto-fotonya di sini saja sambil tidak lupa terus update info persib bandung terbaru sindonews, siapa tau ada pemain baru yang tampan, hahaha!

You May Also Like

14 comments

  1. kalau stadionnya cantik begitu bakal betah penonton. dan semoga saja pengunjung tetap menjaga kebersihan stadion.

    ReplyDelete
  2. Semoga aja cepat direnovasi stadionnya...

    ReplyDelete
  3. Stadionnya kalo dilihat dari atas dan dari jauh terlihat bagus banget, saya suka nih sama stadionnya mbak.. semoga aja renovasinya cepet2 selesai ya mbak.. di Bandung juga banyak ya mbak stadion2nya.. salut deh Jawa Barat.. hehe

    ReplyDelete
  4. stadion ini juga termasuk salah satu stadion terbesar di Indonesia, dan juga berstandar internasional

    ReplyDelete
  5. Stadion sijalak harupat memang keren teh saya juga gak bosan bolak balik kesana karena selain stadion yang bagus juga bisa kenal sama orang banyak itu rasanya seru apalagi kalau PERSIB main makin muantappp.

    ReplyDelete
  6. salam blogger teh noniq .......Mantaff....keren pisan euy tehh...pokona mah bandung selalu oke dehh

    ReplyDelete
  7. Kangen sekali dengan stadion jalak harupat...

    ReplyDelete
  8. Biasa aja, stadion Batakan itu br mantabb bentuknya

    ReplyDelete
  9. sebenarnaya stadionnya biasa cuma suppoorternya yang luar biasa

    ReplyDelete
  10. Stadion yang cukup membanggakan orang Bandung Euy, Tribunnya bisa di gedein lagi nih hehehe.

    ReplyDelete
  11. aduuuh, adminnya istimewa benerrrrr.....
    jadi betah baca2 blognya :D syahdu sekali

    ReplyDelete
  12. wah jadi pengen kesana, saya pernah tinggal di bandung tapi tidak pernah kesana

    ReplyDelete