Pengalaman Detoks Apel; Acne Free in 3 Days

by - Thursday, October 27, 2016


Halo teman-temin, masih seputar permasalahan jerawat. Kali ini saya mau berbagi pengalaman saya beberapa tahun yang lalu dalam mengikuti program detoks yang saya dapat dari buku tulisan Chris Gibson, berjudul Acne Free in 3 Days. Saat itu saya memang mengalami masa-masa down banget gegara jerawat sampai saya berani menjalankan metode apa saja. Berbekal pemahaman pribadi, saya merasa memiliki persamaan masalah dengan apa yang diutarakan dalam buku dan seketika mendorong saya untuk melakukannya.

Lalu bagaimana program ini sebenarnya?
Program ini berlangsung selama tiga hari saja, namun selama tiga hari itu kita hanya diharuskan mengkonsumsi  10-15 apel dan min. 2 L air putih per hari, untuk malamnya, kita harus memakai obat pencahar serta minyak jarak pada wajah.

Kontroversi?
Tentu saja sebelum melakukan detox ini, saya banyak menelusuri internet yang memberikan opini tentang program ini, dan memang mengandung banyak kontroversial terkait 'program'nya yang dianggap 'mengejutkan' tubuh. Bahkan ada tulisan yang mengatakan bahwa program ini memakan waktu lima hari jika untuk orang Asia seperti saya. 

Hm? Tapi, yah, mana kita tahu sebelum kita mencoba. Yang saya baca selama ini hanya opini-opini sedangkan proses dari orang-orang yang pernah menjalaninya sedikit saya peroleh, karena sebagian berhenti di tengah-tengah.

Apa tujuannya?
Tujuannya adalah untuk mengosongkan isi perut dan mereset kembali sistem pencernaan, guna menghancurkan bakter candida yeast yang dianggap sebagai penyebab utama timbulnya jerawat. Dan juga memperbaiki pola asupan makanan yang masuk ke tubuh kita.

Terdengar mudah? Mudah, karena hanya sedikit langkah-langkahnya. Tapi menurut saya benar-benar berat, apalagi saya pemula dan belum pernah melakukan detox sama sekali.

Persiapan?
1. Apel merah yang disarankan, 10-15 apel itu kurang lebih 2 kg.
2. Enema/Obat pencahar. Nah, ini yang agak susah, Mr. Gibson menyarankan untuk menggunakan water enema, bentuk colon cleansing dengan metoda Colon Hydrotherapy yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Wah, saya agak ngeri membaca langkah-langkahnya, selain hal baru bagi saja, saya juga tidak berani memberikan yang aneh-aneh untuk saluran pembuangan saya. Namun akhirnya saya ke apotek untuk membeli obat pencahar sirup yang umum.

3. Air putih

4. Minyak jarak / Castor Oil / Oleum Ricini. Jujur, sebelum saya membaca program ini, saya tidak mengenal yang namanya minyak jarak. Saat saya tanya ayah saya, beliau malah bilang minyak tersebut adalah sebagai pencampur bahan bakar biodiesel. Wah? Tapi setelah saya usut-usut, saya baru tahu bahwa khasiat minyak jarak ini bagus juga ya. Teman-temin bisa membaca postingan saya terkait minyak jarak untuk lebih lengkapnya.

5. Minyak Zaitun. Minyak ini mudah didapat di supermarket, jadi saya juga tidak ada masalah dalam mencarinya. Oh ya, minyak ini hanya akan digunakan di hari terakhir (hari ketiga).

6. Jus Anggur. Jus ini dipersiapkan untuk nanti diminum di hari ketiga.

Nah, persiapannya matang, saya meyakinkan diri saya bahwa saya siap secara fisik serta tidak sedang sakit/kekurangan nutrisi lainnya.

PROSES DETOX ACNE FREE IN 3 DAYS
Hari pertama, walaupun dipenuhi banyak rasa ragu, saya memulai hari dengan apel dan membawa 10 buah apel. Gilak! 

Berikut adalah jam makan apel saya:

 07.30 AM : 1 buah apel sebagai pengganti makan pagi (tanpa dikupas langsung gigit)
 10.30 - 13.00 PM : 3 buah apel sebagai pengganti makan siang (tanpa dikupas langsung gigit)
nb: Saya benar-benar menggunakan waktu makan siang saya untuk mengkonsumsi apel mengingat waktu saya sangat terbatas
 14.30 PM : 1 buah apel
 16.00 PM : 2 buah apel
 18.00 PM : 2 buah apel pengganti makan malam.
 21.00 PM : 1 buah apel pengganti camilan malam.

Tentunya air putih sudah harus menjadi kewajiban.

Saat malam akhirnya saya minum obat pencahar dan sudah bisa dibayangkan bagaimana perut saya tidak berhenti bergejolak, rasanya perut benar-benar dikosongkan selama tiga hari. Dilanjutkan tiap malam menggunakan minyak jarak.

Pengaruh terhadap tubuh saya:

 Pastinya, saya jadi mudah lapar, dan makan apel tidak membuat saya kenyang, malah bersendawa (mungkin karena makan banyak air apel?). Saya sampai agak sedikit grogi setiap berada di dekat bos, takut perut saya berbunyi...

 Saya kok (maaf) jadi sering buang angin, ya? Hahaha.

Hal itu secara rutin saya lakukan selama tiga hari dan benar-benar berat! Godaan terberat: keinginan makan, tentunya! Apalagi saya tergolong orang yang suka ngemil. Terutama saat jam makan siang, ada bau-bau gurih dari kantin, aduh... Godaan iman sekali. Belum lagi rekan kerja yang bercerita tentang makanan. Benar-benar harus kuat niatnya.

HASIL PROSES DETOX ACNE FREE IN 3 DAYS
Hasilnya? Yang paling kentara adalah saya ngga pernah sembelit! Ini salah satu manfaat sampingan yang saya syukuri. Sedangkan untuk jerawat sendiri, saya merasakan sendiri kalau jerawat jadi agak kalem dan tidak banyak tumbuh. Untuk pastinya, saat itu adalah tahun 2012.

Kalau saya refleksikan dengan kondisi saya sekarang 2016, bagaimana saya sudah cerita bahwa ketika saya konsultasi ke DF Clinic, ternyata jerawat saya itu tidak lain karena pola makan. Berarti sebenarnya persoalan jerawat itu sepele. Kesimpulannya, tips hidup sehat itu hanya perlu menjaga pola makan dan kandungan nutrisi yang masuk, olahraga teratur, dan manajemen stress yang optimal.

Sekarang, kalau saya disuruh lagi melakukan detoks di atas, saya bakal mikir dua kali, karena memang berat! Saya tidak menyarankan teman-temin untuk melakukan hal ini, pengalaman ini murni niat saya untuk berbagi, bagaimana persoalan-persoalan fisik kadang membuat kita nekat melakukan segala hal, namun tetap semuanya harus dipertimbangkan dengan baik, ya!

See you!

You May Also Like

15 comments

  1. Belum pernah jg mbak saya detox gt... Mungkin suatu saat mau coba detox

    ReplyDelete
  2. bacanya ajah berat kak,
    gak kebayang makan apel 3 hari, bisa bisa trauma apel.

    Oia, gw ngakak bagian perut berbunyi, gw pernah kayak gitu dan diketawain, nyahahaaa

    ReplyDelete
  3. pengen coba soalnya jerawat sedang merajalela. tp kayaknya gak mungkin soalnya lagi hamil :(

    ReplyDelete
  4. selain jerawat, apakah ada efeknya ke tubuh? kaya ngerasa lebih enteng gitu badannya?

    ReplyDelete
  5. Saya kok, jadi sering buang angin ya? hahaha

    Ngakak aduh, baca dari atas kayaknya bakal ilmiah sampai akhir tapi ada selipannya x)
    jadi enak bacanya, renyah.

    ReplyDelete
  6. kalau gua mah percaya aja sih.
    jerawat tuh muncul karena pola hidup juga _

    boleh lah ntar gua saranin ke orang-orang yang jerawatan. heheheu

    ReplyDelete
  7. pertama kali baca judulnya saya kira bakal asik makan apel terus..eeh ternyataa..hehe

    ReplyDelete
  8. wah saya pernah baca ebooknya ini pas jaman sma. Jaman saya punya jerawat segede-gede gaban.

    Cuman metodenya belum saya lakuin karena terasa berat, akhirnya pake alternatif lain yait minyak zaitun.

    ReplyDelete
  9. saya kebanyakan makan gorengan nih jadi jerawat numpuk

    ReplyDelete
  10. baru tau cara ini mbak... terimakasih atas infonya

    ReplyDelete
  11. Wehehehe,, hal yang baru aku tahu, makasih ya kak infonya :)

    ReplyDelete
  12. detox apel? hmmm baru kali saya dengar. But thx infonya

    ReplyDelete
  13. Pengen cobain cuma ngerinya lagi busui, mbaknya gak busui tergoda lapar ahahha gimana busui barbar cem gw hikshiks


    Btw obat pencahar sirup merk apa mba? Terus gmn ya tips kupas apel tapi hilang lilin pelapisnya? Gw udh cobain digoaok cucinya tp suka masih ada sisa2 lilinnya, hiiks sangat merindukan makan apel langsung gigit (baca malas ngupas)

    ReplyDelete